Etape Pertama KRI Bima Suci Satgas Kartika Jala Krida 2023 Singgah di Batam

Bisnismetro.id, KEPRI – Kedatangan KRI Bima Suci dengan Komandan Letkol Laut (P) M. Sati Lubis sebagai Satuan Tugas (Satgas) Kartika Jala Krida (KJK) 2023 disambut Komandan Lantamal IV Batam Laksma TNI Kemas M. Ikwan Madani di Dermaga Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (06/04) kemarin.

Kapal latih tiang tinggi ini membawa 125 personel yang terdiri dari 90 personel KRI, 6 personel pendukung, 10 Taruna AAL tingkat IV angkatan ke-68, 10 taruna kadet ASEAN Cadet Sail dan 9 personel staf latihan.

Batam merupakan kota pertama yang disinggahi KRI Bima Suci yang akan melaksanakan pelayarannya dimulai dari Surabaya – Batam – Sri Lanka – Oman – Arab Saudi – Mesir – Algeria – Prancis – Belanda – Inggris – Norwegia – Skotlandia – Jerman – Spanyol – Tunisia – Mesir – Arab Saudi – India – Belawan dan akan kembali lagi ke Pangkalan Surabaya dengan menempuh jarak 25.869 Nm.

Komandan KRI Bima Suci sekaligus Komandan Satgas KJK 2023 Letkol Laut (P) M. Sati Lubis mengatakan, “KRI Bima Suci memiliki 3 misi utama dalam pelayarannya yakni diplomasi kepada negara-negara yang dikunjungi, mengenalkan budaya bangsa Indonesia dengan menampilkan kesenian dan juga sebagai kapal layar latih Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) untuk mempraktekkan pelajaran yang telah diterima Taruna selama di akademi.”

Keberadaan Satgas KJK di Batam selain melaksanakan bekal ulang, KRI Bima Suci juga melaksanakan open ship mulai dari tanggal 6 April hingga 9 April. Direncanakan KRI Bima Suci akan melanjutkan pelayaran berikutnya menuju Sri Lanka pada 10 April 2023 mendatang.

Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali dalam berbagai kesempatan menegaskan pendidikan dan latihan merupakan salah satu upaya membangun sumber daya manusia yang tangguh untuk membentuk prajurit yang profesional dan modern.(***)