Gladi Bersih HUT 77 TNI AU. Kasau : Pengerahan Alutsista, Bentuk Pertanggung Jawaban TNI AU Kepada Rakyat

Nasional131 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA – Dua hari jelang peringatan HUT ke-77, TNI AU menggelar gladi bersih, di _taxyway echo_ Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (6/4/2023). Gladi bersih yang juga terbuka untuk masyarakat tersebut, ditinjau Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E.,.M.P.P., CSFA.

Kepada media Kasau mengatakan, peringatan HUT ke-77 TNI AU tahun 2023 digelar cukup besar, dengan mengerahkan 82 pesawat TNI AU berbagai jenis dan 3.300 prajurit, serta simulasi demo udara dan darat.

“Pengerahan alutsista dan personel yang cukup besar, sebagai bentuk pertanggung jawaban TNI AU kepada masyarakat Indonesia, mengingat selama pandemi Covid-19, aktifitas TNI AU kepada publik sangat terbatas,” ujar Kasau.

Kasau sangat bersyukur pelaksanaan gladi bersih dapat berjalan aman dan lancar, meskipun ada evaluasi untuk perbaikan. Seluruh rangkaian acara, mulai parade, defile serta demo udara dan darat, berjalan sesuai rencana.

Seusai meninjau gladi bersih, Kasau juga meninjau kesiapan pesawat dan berdialog dengan para kru pesawat, di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma. Untuk keselamatan dan kelancaran peringatan HUT ke-77 TNI AU, Kasau juga mengikuti doa bersama dengan para prajurit TNI AU.

Upacara puncak peringatan HUT ke-77 TNI AU sendiri akan digelar pada Minggu, 9 April 2023, dengan Inspektur Upacara (Irup) Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, dan dihadiri sejumlah pejabat baik sipil maupun militer, termasuk para Athase Pertahanan (Athan) negara sahabat.

Bagi masyarakat yang akan menyaksikan langsung ke Lanud Halim Perdanakusuma, dapat datang mulai pukul 07.00 wib, melalui akses pintu Dirgantara I Pondok Gede, atau pintu pos Kali Malang, serta pintu Pos lama Makasar.(***)