Hari Pendidikan TNI AL Ke-77, Pembagunan SDM Jadi Prioritas Utama 

TNI Polri222 Dilihat

Bisnismetro.id, SURABAYA – “Pembangunan Sumber Daya Manusia menjadi salah satu prioritas utama, agar seluruh Alutsista dan organisasi TNI AL diawaki oleh pengawak yang profesional, unggul dan handal”. Demikian diungkapkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali saat memimpin peringatan Hari Pendidikan TNI Angkatan Laut (Hardikal) yang ke-77 di Kodiklatal, Surabaya, Rabu (17/05).

Lebih lanjut menurut Kasal, sebagai konsekuensi dari hal tersebut, proses penyiapan personel TNI AL mulai dari rekrutmen, pendidikan dan pelatihan menjadi pondasi utama pembangunan TNI AL menuju Jalesveva Jayamahe.

Pada peringatan Hardikal tahun ini mengangkat tema “Dengan Semangat Hardikal, TNI AL Siap Membangun Sumber Daya Manusia Unggul Sebagai Patriot NKRI dalam Mendukung Pembangunan Nasional.”

Hari Pendidikan TNI AL merupakan tonggak kebangkitan pendidikan prajurit Matra Laut yang mengambil momentum kelahiran Sekolah Angkatan Laut (SAL) di Kota Tegal, Jawa Tengah tanggal 12 Mei 1946 yang dikomandani Laksamana II Adam. Peresmian SAL yang dibuka Presiden RI Ir. Soekarno dan Wakil Presiden Moch. Hatta, serta dihadiri Panglima Jenderal Sudirman, para menteri, Panglima ALRI Laksamana Muda M. Nasir dan pejabat teras Mabes ALRI lainnya.

Walaupun berdirinya SAL pada 12 Mei 1946 yang dijadikan cikal bakal berdirinya lembaga pendidikan di TNI AL, namun resminya peringatan setiap 12 Mei sebagai Hardikal, baru digelar setelah dikeluarkannya Surat Keputusan Kasal No 729/IV/1977 tanggal 21 April 1977 yang juga sekaligus ditetapkan sebagai hari jadinya Kodiklatal.

Setelah 77 tahun berlalu, wajah pendidikan TNI AL telah menunjukkan banyak kemajuan dalam mencetak prajurit matra laut yang memiliki moral luhur, profesional dan berani. Untuk lebih meningkatkan kualitas siswa didiknya, TNI AL kini telah memiliki empat Komando Utama (Kotama) fungsional pendidikan, yaitu tiga berlokasi di Bumimoro, Surabaya dan satu Kotama berlokasi di Cipulir, Jakarta. Ketiga Kotama yang berlokasi di Bumimoro tersebut antara lain, Kodiklatal, AAL, dan STTAL dan satu Kotama di Cipulir Jakarta yaitu Seskoal.

Pada puncak peringatan Hari Pendidikan TNI Angkatan Laut tahun 2023, selain menggelar upacara parade dan defile, dalam kesempatan ini juga dimeriahkan dengan penampilan Genderang Suling (GS) Taruna Akademi Angkatan Laut serta Bela Diri Militer yang dipersembahkan oleh Siswa Pendidikan Pembentukan Perwira TNI AL, angkatan 53 Tahun 2023.(***)