Hotel All Nite And Day Alam Sutera yang Terbakar hingga 3 Nyawa Melayang, Tak Miliki Standar Proteksi Kebakaran

Megapolitan97 Dilihat

Bisnis Metro,TANGERANG SELATAN- Hotel All Nite and Day Alam Sutera, Serpong Utara, Tangerang Selatan (Tangsel) rupanya tak memiliki sistem proteksi kebakaran.

Hotel di kawasan elit itu terbakar pada Sabtu 8 Juni 2024 sore. Sumber api diduga berasal dari lantai 5. Terdapat 6 korban yang terjebak lift, di mana 3 di antaranya meninggal dunia saat dievakuasi ke rumah sakit.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Tangsel, Ahmad Dohiri, mengatakan, hotel tersebut memang tak memenuhi standar untuk beroperasi.

“Ternyata hotel ini, satu, tidak memenuhi standar sistim proteksi kebakaran. Belum memenuhi standar,” ungkapnya, Selasa (11/06/24).

Di antara yang belum dimiliki adalah sprinkler atau alat yang dapat memadamkan api secara otomatis. Lalu tak ada pula hidran dan alarm yang terpasang aktif.

“Setelah kita cek pun memang tidak ada hidran, alarm, sprinkler. Harusnya kan standarisasi gedung itu empat lantai ke atas itu minimal harus ada hidran,” jelasnya.

Pihaknya sendiri telah beberapa kali memeringatkan pengelola hotel agar mematuhi standar proteksi kebakaran. Namun, pihak hotel tak kooperatif menerima ketentuan itu.

“Sebenarnya kita sudah mengirimi surat kepada hotel pada 2022. Tolong kita mau periksa nih sistem proteksinya. Tapi alasan pihak hotel dalam perbaikan, renovasi. Jadi belum bisa,” paparnya.

“Lalu 2023 kirim surat lagi pada Januari, kita mau periksa sistem proteksinya sesuai standar atau tidak, tapi ditolak lagi. Dengan alasan masih renovasi,” imbuh dia.

Terakhir pada Juni 2023, pihak pengelola tidak juga menanggapi saran pihak Damkar. “Sehingga kita tidak bisa masuk ke dalam memberikan rekomendasi,” ucapnya.