Ini Daftar Prajurit TNI AL Yang Berhasil Persembahkan Medali di Ajang SEA Games 2023 

Bisnismetro.id, KAMBOJA — Prestasi membanggakan berhasil ditorehkan oleh para Prajurit TNI Angkatan Laut (TNI AL) dengan mempersembahkan medali bagi kontingen Indonesia pada ajang Pesta Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara Ke 32 tahun 2023 atau lebih dikenal dengan SEA Games 2023 yang berlangsung mulai dari 5 -17 Mei 2023 di Kamboja.

Pesta olahraga yang diadakan setiap dua tahun dan melibatkan 11 negara Asia Tenggara ini telah memberikan kesan mendalam bagi TNI AL dimana para prajuritnya yang memiliki prestasi dibidang olahraga ikut serta sebagai duta bangsa untuk mengharumkan nama TNI AL dan bangsa Indonesia. Berikut ini daftar prajurit TNI AL yang berhasil menyumbangkan medali bagi Indonesia.

1. Pratu Mar Sedilta Pilon Nubatonis

Pratu Mar Sedilta Pilon Nubatonis, salah satu prajurit terbaik TNI AL yang berdinas di Batalyon Intai Amfibi 1 Marinir, berhasil menyumbangkan satu medali perunggu pada cabang Duathlon (dwilomba) dengan catatan waktu 54 menit 21 detik. Duathlon merupakan multi-cabang olahraga atletik yang menggabungkan 2 cabang olahraga yaitu, lari dan bersepeda, dimana pada SEA Games 2023 kali ini, para Atlet memulai perlombaan dengan berlari sejauh 5 km, dilanjutkan bersepeda sejauh 20 km dan berlari kembali menuju garis finis sejauh 2,5 km.

2. Serda Jas Wahyudi Putra

Sedangkan satu medali perunggu lainnya diraih oleh Serda Jas Wahyudi Putra pada cabang Atletik di nomor lari 1.500 meter putra. Prajurit TNI AL yang berdinas di Lantamal XIV Sorong dan juga tergabung dalam Pelatnas Tim Lari ini berhasil mengharumkan nama bangsa Indonesia sekaligus mengibarkan bendera Merah Putih di perhelatan olah raga internasional di Stadion Morodok Techo, Phnom Penh, Kamboja, setelah masuk finis pada urutan ke-3.

3. Sersan Dua Jas/W Jeni Elvis Kause

Torehan prestasi yang sangat membanggakan diukir oleh prajurit Korps Wanita TNI AL (Kowal), Sersan Dua Jas/W Jeni Elvis Kause yang sehari-hari berdinas di Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Maumere, berhasil meraih medali emas pada cabang olah raga Pencak Silat di kelas C puteri 55-60 Kg.

Dalam laga Final Pencak Silat Kelas C Puteri 55-60 Kg, Sersan Jeni Elvis berhasil mengalahkan pesilat dari Vietnam Thi Cam Nhi Nguyen, dengan kemenangan telak 46-27, dalam laga final yang berlangsung di Convention and Exhibition Center, Phnom Penh, Kamboja.

4. Sertu Jas Muhammad Malizi

Satu medali emas bagi Indonesia lainnya dipersembahkan oleh Sertu Jas Muhammad Malizi yang tergabung dalam tim bola volly putra. Pada babak final yang berlangsung di Olympic Complex Indoor Main Hall tersebut mereka berhasil mengalahkan tuan rumah Kamboja 3-0 langsung (25-21, 25-10, 25-15). Sertu Muhammad Malizi merupakan seorang prajurit TNI AL kelahiran Pasuruan, Jawa Timur, yang sehari-hari berdinas di Denma Mabesal

5. Serda Jas/W Tisya Amallya Putri

Prajurit Kowal TNI AL yang juga berhasil mengharumkan nama TNI AL dan bangsa Indonesia adalah Serda Jas/W Tisya Amallya Putri, yang sehari-hari berdinas di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) dimana tim Bola Volly Putri Indonesia yang diperkuat Serda Tisya Amallya Putri berhasil meraih medali Perunggu setelah menang melawan Tim Bola Volly Putri Filipina dgn skor 3-1 pada pertandingan final perebutan medali perunggu SEA Games 2023 di Kamboja.

Selain mengirimkan atlet-atlet berprestasi yang ikut berlomba pada ajang olahraga negara-negara Asean tersebut, TNI AL juga mengirimkan prajuritnya yaitu Lettu Mar Mukhlis sebagai pelatih Timnas Wushu Indonesia. Lettu Mukhlis berhasil membawa atlet asuhannya mempersembahkan 6 Medali Emas , 6 Medali Perak dan 2 Medali Perunggu bagi kontingen Indonesia pada ajang SEA Games 2023 yang berlangsung di International Church of Christ (ICOC), Hall Phnom Penh, Kamboja.

Lettu Mukhlis yang sehari hari berdinas di Resimen Kavaleri 2 Marinir, sebelum mengawali kariernya sebagai seorang pelatih, Lettu Muklis adalah seorang atlet nasional Wushu Indonesia dari tahun 2009-2012 dengan menorehkan prestasi merebut medali emas di arena SEA Games 2011 yang diselenggarakan di Jakarta.

Prestasi yang ditunjukkan oleh Prajurit TNI AL pada ajang SEA Games 2023 ini sejalan dengan perintah Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh prajurit Jalasena untuk memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan. “Jaga nama baik TNI AL dan Indonesia, sehingga nama baik bangsa maupun TNI AL tetap harum di dunia internasional”, ungkap Kasal.(***)