Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Generasi Muda Dan Keluarga TNI AL 

Pendidikan179 Dilihat

Bisnismetro.id, SURABAYA — TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Kepala Dinas Pembinaan Mental Angkatan Laut (Disbintalal) Bigjen TNI Mar Sandy Muchjidin Latief memberikan pembekalan pada acara Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila bagi generasi muda dan keluarga besar TNI AL tahun 2023 di Stikes Hang Tuah, Surabaya, Selasa (09/05) lalu.

Dalam kesempatan ini disampaikan bahwa Disbintalal berupaya membuat terobosan yang kreatif dan inovatif dalam menghadapi potensi degradasi moral yang disebabkan menurunnya pemahaman, penghayatan dan pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu menurut Kadisbintalal Brigjen TNI Mar Sandy Muchjidin Latief sebagai narasumber dalam kegiatan Internalisasi  Nilai-Nilai  Pancasila  Bagi  Generasi  Muda  di lingkungan TNI AL Tahun 2023, perkembangan teknologi yang cukup canggih saat ini dapat membentuk ancaman baru yang diprediksi akan sangat berpengaruh terhadap keamanan negara yaitu ancaman perpecahan negara akibat dari sikap idealisme dan ego sentris terhadap suatu pemahaman dan ajaran tertentu yang bertentangan dengan Pancasila.

Lebih lanjut kemudahan penyebaran ideologi ekstrim dan radikal akan mempengaruhi pola pikir para generasi muda. Jika pemikiran negatif terus meluas maka nama bangsa juga akan ikut tercemar. Namun jika cara berfikir para generasi muda ke arah yang positif, maka nama indonesia akan lebih harum di mata dunia.

Kegiatan yang dihadiri oleh Direktur Stikes Hang Tuah Surabaya beserta staf, Kasubdis Binideologi Disbintalal beserta staf, dan mahasiswa Stikes Hang Tuah Surabaya ini sesuai dengan perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) yaitu untuk selalu memperkuat keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan pengabdian yang penuh ketulusan serta rasa keikhlasan hati sebagai prajurit TNI AL untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional bangsa dan negara.

Kegiatan serupa juga dilaksanakan di sekolah-sekolah di Surabaya diantaranya SMA Hang Tuah 1, SMA Hang Tuah 2 dan SMA Hang Tuah 4 yang dipimpin oleh Kasubdis Pembinaan Ideologi, Kolonel Laut (KH) Iwan Hariwanto. (***)