Jelang Lebaran, Babinsa Koramil 02/KT Intensifkan Cek Ternak Sapi Warga Binaan

TNI Polri99 Dilihat

Benai – Dalam rangka untuk mengantisipasi penyebaran wabah Penyakit Mata dan Kuku (PMK), khususnya menjelang lebaran Idul Adha 1445 H/2024M, Babinsa Koramil 02/KT Kodim 0302/Inhu Kopda Yudi Handrika, kembali fokus melaksanakan pemantauan sekaligus melakukan pengecekan kesehatan hewan ternak milik warga binaan.

Dimana kegiatan ini dilakukan oleh Babinsa melakukan pemantauan terhadap ternak sapi warga milik Bapak Yulsen di desa Koto Benai Kec. Benai Kab. Kuansing, Rabu (05/06/2024).

Saat mengunjungi salah satu peternak sapi milik warga, Babinsa juga selalu mengingatkan kepada peternak untuk senantiasa melakukan pemeriksaan terhadap ternaknya masing-masing.

Di tempat lain Komandan Koramil 02/KT Kapten Inf J. Suhombing mengungkapkan kegiatan ini di lakukan sebagai upaya antisipasi serta membantu kesehatan hewan ternak terkait wabah PMK yang saat ini sangat meresahkan masyarakat terutama yang memiliki hewan ternak sapi atau kambing.

“Kita turun ke Desa binaan serta melihat secara langsung hewan dan kita dapat memastikan kesehatan hewan ternak yang kemungkinan adanya ciri-ciri hewan tersebut terjangkit wabah PMK,” jelasnya.

Menurut Danramil, respon juga rutin melakukan himbauan kepada peternak untuk dapat menjaga kebersihan kandang dan lingkungan serta harus dapat mengenali gejala dan ciri-ciri hewan ternak yang tertular wabah PMK.

“Kepada warga supaya tidak perlu takut melaporkan ke petugas, jika didapati kesehatan hewan ternaknya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, lepuh, luka pada kuku dan kuku terlepas, lepuh di mulut, lapor ke instansi terkait,” ujar Danramil.