Jelang Ramadhan TPU Jombang Tangsel Dikunjungi Ribuan Peziarah, Akses Jalan Dikeluhkan

Sosbud260 Dilihat

Bisnis Metro,TANGERANG SELATAN- Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel) diserbu peziarah pada Minggu (19/03/2023). Sejumlah kendaraan roda dua ataupun roda empat nampak ramai terparkir di pelataran makam.

“Pada sore hari ini mungkin menjadi titik tertinggi karena menjadi minggu terakhir para peziara atau keluarga almarhum datang berkunjung ke TPU Jombang,” terang Kepala TPU Jombang, Tabroni.

Menurutnya, sejak pagi hingga sore tadi intensitas kedatangan peziarah cukup ramai meski diselingi rintik hujan yang turun. Diperkirakan jumlah peziarah mencapai lebih dari seribu orang.

“Mungkin dari pagi sampai sore ini sekitar seribuan (peziarah),” jelasnya.

TPU Jombang yang sebelumnya dijadikan lahan pemakaman pasien Covid-19 itu kini telah kembali digunakan sebagai pemakaman umum. Para peziarah mendatangi makam di sana sebagai salah satu bentuk tradisi sebelum memasuki bulan puasa ramadan.

Para peziarah itu datang untuk berdoa, seraya membawa kembang dan botol air yang akan ditaburi di atas makam. Kebanyakan mereka berasal dari keluarga mendiang yang meninggal akibat terpapar Covid.

Namun beberapa peziarah mengeluhkan akses jalan di sekitar TPU Jombang. Kondisi permukaan jalan yang bergelombang, hingga genangan air membuat mereka yang mengendarai sepeda motor harus lebih berhati-hati karena licin.

“Jalan licin. Kalau ada jalan yang rusak, kita mohon pemerintah untuk diperbaiki,” tutur M Naser (51), salah satu peziarah di lokasi.

“Jalannya memang sebagian sudah di konblok, tapi sebagian belum selesai mungkin karena turun hujan terus. Harapannya, semoga jalannya jadi halus menuju makam ini, sehingga masyarakat jadi aman dan nyaman,” imbuh Lukman, peziarah lainnya.(bli/sg)