JOIN THE NAVY TO SEE THE WORLD, KRI BIMA SUCI MAMPIR DI JEDDAH BEKAL ULANG, PRAJURIT UMRAH

Bisnismetro.id, JEDDAH ARAB SAUDI – Kapal Latih Layar Tiang Tinggi Kepal Perang Republik Indonesia (KRI) Bima Suci yang kini sedang melakukan perjalanan panjang menuju Eropa, tiba di Islamic Port Jeddah, Arab Saudi, Jumat (12/5) pukul 09.00 pagi waktu setempat.

Merapatnya KRI buatan Spanyol saat sandar di Jeddah disambut oleh Konsul Jenderal RI Jeddah Eko Hartono, Atase Laut (Atal) Kolonel Laut (S) Dudy Hilmansyah, Atase Polisi Kombes Pol Erick Hermawan, pejabat Konsulat Jenderal RI Jeddah, Perwakilan AL Arab Saudi Dan Guru pelajar sekolah Indonesia di Jeddah.

Menurut Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut (P) M. Sati Lubis, singgahnya KRI Bima Suci di Pelabuhan Islam untuk bekal ulang logistik melanjutkan misi diplomatik mendukung pelayaran Kartika Jala Krida menuju Eropa.

“Kami singgah di Jeddah untuk bekal logistik sebelum melanjutkan pelayaran ke Eropa sesuai misi tugas” ujar Komandan Satgas KJK 2023.

Selain itu, menurut Komandan Satgas KJK 2023 ada yang lain dan luar biasa dirasakan oleh prajurit KRI Bima Suci dibanding dengan sandar di pelabuhan kota-kota lainnya, karena mereka akan mendapat kesempatan untuk melaksanakan ibadah umroh di Baitullah Mekah Al-Mukaromah dan ziarah ke Masjid Nabawi di Madinah.

Rencananya KRI Bima Suci sandar selama 4 Hari 3 malam di Jeddah dan pada 15 Mei 2023 pukul 09.00 waktu Jeddah akan menuju Alexandria Mesir.

Pelaksanaan ibadah umrah yang diikuti oleh prajurit KRI Bima Suci yang beragama Islam merupakan keistimewaan tersendiri yang dirasakan oleh para prajurit. Kedatangan KRI di Jeddah ini, merupakan yang kesekian kali sejak diluncurkan mulai September 2017 menggantikan KRI Dewaruci.(***)