Kasal: Kolinlamil Pembina Tunggal Angkutan Laut Militer TNI Untuk Pertahanan Negara

Bisnismetro.id, JAKARTA – “Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) adalah pembina tunggal angkutan laut militer TNI dan pembina potensi angkutan laut nasional, guna kepentingan pertahanan negara di laut”. Hal tersebut ditegaskan oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali pada upacara Serah Terima Jabatan Panglima Kolinlamil yang diserahkan dari Laksamana Muda (Laksda) TNI Yayan Sofiyan kepada Laksamana Muda (Laksda) TNI Edwin, Minggu (21/05) di Kolinlamil, Jakarta Utara.

Lebih lanjut dikatakan Kasal, regenerasi kepemimpinan di lingkungan TNI AL harus terus berjalan sebagai salah satu bentuk pembinaan organisasi. “Dalam lingkungan TNI dan TNI AL, jabatan Pangkolinlamil memiliki nilai yang sangat strategis. Sebagai pimpinan Kotama, Pangkolinlamil memikul tanggung jawab besar untuk menjamin kesiapan operasional unsur-unsur di bawah jajarannya, dalam pelaksanaan Angkutan Laut militer TNI”.

Setelah menyerahkan jabatan Pangkolinlamil kepada penggantinya, Laksda TNI Yayan Sofiyan akan mengikuti Pendidikan Lemhannas PPSA XXIV tahun 2023. Sedangkan penggantinya Laksda TNI Edwin merupakan alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-37 tahun 1991 yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Pusat Polisi Militer TNI.

Dalam acara Sertijab ini, dimeriahkan dengan demo pertunjukan kolaborasi seni bela diri dengan kesenian tradisional serta seni ketangkasan. Demo tersebut sebagai wujud dari sinergitas berbagai komponen serta keberhasilan pembinaan personel di lingkungan Kolinlamil yang terlatih, terpelihara kemampuan serta profesionalitasnya dan terkoordinir.

Sebelum pelaksanaan Sertijab Pangkolinlamil, di lokasi yang sama Laksamana TNI Muhammad Ali juga memimpin Sertijab sejumlah jabatan strategis TNI AL yang ada di lingkungan Mabesal diantaranya jabatan Koordinator Staf Ahli (Korsahli) Kasal, Asisten Komunikasi dan Elektronika (Askomlek) Kasal, Kepala Dinas Operasi dan Latihan Angkatan Laut (Kadisopslatal), Kepala Pusat Komando dan Pengendalian Angkatan Laut (Kapuskodal), serta Kepala Sekretariat Umum Angkatan Laut (Kasetumal).(***)