Kasal Letakkan Batu Pertama Renovasi Ratusan Rumah Warga Pesisir Jawa Timur

TNI Polri692 Dilihat

Bisnismetro.id, SUMENEP – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono melaksanakan Peletakan batu pertama pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) dalam kegiatan Operasi Karya Bakti TNI AL bagi ratusan rumah masyarakat pesisir Jawa Timur di Desa Kalianget Timur Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Minggu (29/05).

Sebanyak 225 Unit rumah masyarakat di pesisir Jawa Timur yang tersebar di beberapa titik yaitu 68 unit di Sumenep, Probolinggo 30 unit, Situbondo 50 Unit, Bangkalan 47 Unit, dan Lamongan 37 Unit akan direnovasi hasil Kerjasama antara TNI AL dengan Pemprov Jatim. Ratusan rumah ini direncanakan akan dapat dihuni pada bulan September 2022 mendatang.

Renovasi Rutilahu yang akan dilaksanakan berupa penggantian kusen pintu dan jendela, penggantian dinding, plester dinding dan pengecatan, plester lantai dan perbaikan kamar mandi serta jamban. Pada lokasi tersebut juga dilaksanakan kegiatan pembagian sembako kepada masyarakat sekitar dan dilanjutkan peninjauan lokasi renovasi Rutilahu.

Peletakan batu pertama Renovasi Rutilahu ini menjadi salah satu agenda dari sejumlah kegiatan Kunker Kasal ke Jawa Timur khususnya Madura seperti Penerimaan Kasal sebagai Keluarga Besar Kesultanan Keraton Sumenep Bergelar Djojo Noto Segoro, peninjuan lokasi relokasi Lanal Batuporon, kegiatan bakti sosial berupa pengobatan gratis, pemberian vaksinasi dan pembagian sembako serta berkunjung ke pengrajin keris yang berada di sentra pengrajin keris Desa Wisata Aeng Tongtong.(***)