Kasal : Wisuda Bentuk SDM yang Bijaksana dan Tangkas

Pendidikan119 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA  — “Output dari pendidikan adalah baru sebatas peningkatan pengetahuan dan outcome nya sangat bergantung pada sejauh mana kesadaran diri untuk membangun diri kita menjadi SDM dengan kompetensi unggul yang memiliki visi, bijaksana, dan tangkas yang bermanfaat bagi organisasi dan masyarakat”.

Demikian disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali dalam sambutan kehormatan setelah melaksanakan Wisuda Doktor Ilmu Ekonomi pada Konsentrasi Studi Manajemen Stratejik Universitas Trisakti bertempat di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Selasa (7/11). Kegiatan diawali dengan pembukaan Sidang Terbuka yang dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Trisakti Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA.

Dengan judul disertasi “Pengaruh Knowledge Management System dan Strategic Management Orientation terhadap Organizational Commitment TNI Angkatan Laut dalam Pembangunan Kapal Selam di Tanah Air yang di Mediasi oleh Dynamic Capability” berhasil mengantarkan Laksamana TNI Muhammad Ali menjadi lulusan terbaik dengan predikat cumlaude.

Lebih lanjut Kasal menjelaskan bahwa, “SDM yg bijaksana berarti SDM yang mampu mengetahui dan menguraikan persoalan sehingga dapat menemukan solusi-solusi alternatif untuk memecahkan masalah yang ada dan SDM yang tangkas berarti SDM yg mampu beradaptasi dan antisipatif terhadap perubahan secara cepat dan tepat dalam pengambilan keputusan”, pungkasnya.

Wisuda adalah puncak kesuksesan dari studi panjang dan sekaligus menjadi pintu gerbang bagi kehidupan baru sebagai seorang praktisi dan juga akademisi yang memiliki pengetahuan (knowledge) dan kebijaksanaan (wisdom) yang lebih tinggi, tantangan kehidupan dan tugas telah menanti dan akan dihadapi dengan berbekal ilmu pengetahuan yang telah diperoleh.

Di akhir sambutannya, Kasal mengajak seluruh wisudawan/wisudawati untuk menyatukan tekad, membangun komitmen dan semangat bersama untuk membina kualitas dan kompetensi diri sebagai lulusan Universitas Trisakti yang mampu berkarya bagi organisasi di tempat kita berada dan bekerja dan juga di masyarakat.(***)