Keheranan Narasumber Pelatihan Hantaran Pengantin di Kelurahan Jombang Ciputat, Biasanya Hanya 2 Bahan tapi Disini..

Megapolitan128 Dilihat

Bisnis Metro,TANGERANG SELATAN- Sekira 50 orang ibu-ibu mengikuti Kegiatan Pelatihan Hantaran Pengantin di Aula Kelurahan Jombang Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan, pada Jumat (31/05/2024) pagi

Sambutan awal oleh Lurah Iwan Sutisna mengungkap bahwa ini adalah bagian kegiatan pemberdayaan masyarakat menggunakan Anggaran Kelurahan TA2024.

Karena apa menggunakan dana kelurahan, lanjut Iwan, karena ini tugas yang harus di Pagu kan, yang dilaksanan sesuai perencanaan anggaran.

“Yang penting hari ini silahkan belajar berlatih bersama-sama, apa isi dan manfaat dari Hantaran Pengantin ini,” ucapnya kepada para ibu peserta yang terdiri dari unsur Kader Posyandu, BKM, serta P3KE se Kelurahan Jombang

Acara dibuka secara resmi oleh Indra Gunawan Sekretaris Kecamatan Ciputat, mewakili Camat Mamat yang melaksanakan Ibadah Haji.

Penyampaian apresiasi diucapkannya atas terseleggaranya kegiatan pelatihan. “Tentunya kegiatan ini bisa bermanfaat bagi semua,” ungkap Indra.

Untuk kegiatan pelatihan Hantaran Pengantin ini, merupakan program pemberdayaan masyarakat kelurahan, imbuhnya, sesuai dengan amanat Undang-Undang 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah

“Dimana kelurahan merupakan bagian dari OPD Kecamatan, yang punya tugas sama, salah satunya adalah mengkoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat di wilayah kelurahan,” ucap Indra.

Harapnya, tujuan kegiatan pelatihan ini tentu untuk menambah pengetahuan.

Hantaran Pengantin memang sudah tidak asing bagi ibu-ibu, tapi memang tidak semua masyarakat bisa membuat keterampilan yang unik, kreatif, dan semenarik mungkin.

“Semoga lepas kegiatan disini, bisa menambah nilai ekonomis di keluarga ibu-ibu, dan masyarakat menjadi sejahtera,” pungkasnya.

Terpantau Sekretaris Kelurahan, dan Kasie Ekbang Kelurahan Jombang hadir pula dilokasi, serta dua orang (Adi dan Reni) penggiat UNKM sebagai narasumber sekitaran wilayah Kecamatan Ciputat.

Materi Empat (4) hantaran pengantin, ini diakui oleh narasumber, bahwa Kelurahan Jombang lebih istimewa.

“Biasanya saya hanya dapat untuk menjadi pelatih itu hanya disediakan dua, yaitu bahan dasar dan perlengkapannya, tapi disini ibu-ibu sampai diberi keranjang juga, luar biasa memang Kelurahan Jombang,” kata Adi.

Diinformasikan, per item hantaran disini, isinya antara lain, sprei, handuk, sajadah, mukena 1 set,kemudian peralatan pembuatannya, sama nampan kayu plus bingkai. (Sg)