Kembali di Gelar, Total Hadiah Ratusan Juta Rupiah Buat Ajang Bergengsi Kasau Award 2023.

Bisnismetro.id, JAKARTA – Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara kembali akan menggelar Kasau Award ajang bergengsi yang rutin digelar TNI AU untuk insan jurnalis peliput di TNI AU.

Soft opening atau sosialisasi ajang apresiasi insan jurnalis nasional Kasau Award 2023 bertema “TNI AU Patriot NKRI & Disegani di Kawasan” ini bertempat di Al-Jazeera Cafe, Kamis, (16/3/23).

Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menyampaikan, bahwa Kasau Award tahun ini merupakan perhelatan untuk yang ke 5 kalinya.

Indan ingin penyelenggaraan tahun ini makin meningkatkan partisipasi peserta dan lebih baik lagi dalam penjurian maupun penyelenggaraan Kasau Award.

“Hari ini kita undang teman-teman media, intinya kita ingin memperbanyak konten-konten dan artikel karena banyaknya antusias dari masyarakat. Tahun ini ada konten tambahan dari partisipasi masyarakat,” ujar mantan Danlanud Adi Soemarmo.

Kata Indan, ajang ini momentum memperbanyak tulisan tentang TNI AU. Bahannya boleh tahun lalu terhitung dari Januari 2022 hingga April 2023 atau momen-momen yang lain.

Untuk meningkatkan kualitas penilaian, Indan menjelaskan, dengan melibatkan dewan juri dari semua praktisi seperti dewan pers, akademisi dan lainnya.

“Harapannya, media adalah mitra strategis TNI AU dan ajang ini adalah bentuk apresiasi Kasau kepada media,” pungkasnya.

Kasubdit Penum TNI AU, Kolonel Sonaji menyebutkan, Kasau Award 2022 tahun lalu diikuti 111 jurnalis nasional dengan 265 karya jurnalistik. “Sangat membanggakan karena diliput semua media tanah air,” katanya.

Dengan tema “TNI AU Patriot NKRI & Disegani di Kawasan”, kata Sonaji, tema ini mengakomodasi kemauan Kasau.

Tahun ini ada 6 kategori yang dilombakan lebih banyak dari tahun lalu yang hanya 5 kategori dengan total hadiah Rp 332.500 juta berikut tropi dan piagam Kasau,” katanya.

Kategori yang dilombakan yaitu, isu strategis, humanis untuk media cetak dan online, news televisi, foto jurnalistik untuk jurnalis, foto umum untuk masyarakat dan konten video untuk masyarakat.

Waktu pelaksanaan karya jurnalistik dimulai hari ini, Kamis, 16 Maret 2023 hingga 30 April 2023. Sedangkan pengumuman pemenang 26 Mei dan penyerahan hadiah 31 Mei 2023.

Karya jurnalistik dapat dikirimkan ke Penum@tni-au.mil.id. (NAY)

FacebookTwitterWhatsAppGmailLine (***)