Komsos dengan siswa menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara

TNI Polri429 Dilihat

Teluk Kuantan – Bertempat di Lapangan SMA 1 Teluk Kuantan, Desa Koto Taluk, Kecamatan Kuantan Tengah Kab Kuansing Serda Desma Dedi memberikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan pembekalan kemampuan Bela Negara kepada pelajar SMA Koto Taluk hari ini,Senin (17/10/2022).

Dalam kegiatan yang diikut 50 orang siswa ini,Serda Desma Dedi menjelaskan bahwa pemberian materi Wasbang tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan para pelajar kepada tanah air, menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan kerelaan berkorban bagi negara.

“Empat Pilar Kebangsaan Negara Republik Indonesia merupakan hal mutlak yang harus diketahui dan dipahami oleh peserta. Dalam hal ini Empat Pilar Negara kita terdiri dari Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. Pancasila sebagai Dasar Negara, Pancasila sebagai Jiwa dan Kepribadian Negara, Pancasila sebagai Ideologi Negara serta Pancasila sebagai Tujuan Hidup Kita,” jelas Serda Desma Dedi.

Menurut Babinsa dari Koramil 02/KT ini, UUD 1945 merupakan Dasar Pedoman Negara untuk meraih Kemerdekaan, sementara Bhinneka Tunggal Ika merupakan Semboyan Negara untuk mempersatukan seluruh wilayah, suku, budaya, bahasa dan agama diseluruh wilayah Negara Indonesia.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter pelajar yang disiplin, setia, berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa agar senantiasa tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Desma Dedi