Mengintip Rp3 Milyar untuk Bangun Turap Kali Cibenda Jombang Tangsel

Megapolitan355 Dilihat

Bisnis Metro,TANGERANG SELATAN- Pengerjaan proyek turap Kali Cibenda di Kampung Cilalung, RT03 RW05, Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), dinyatakan rampung pekan lalu. Namun fakta-fakta di lapangan menunjukkan hal berbeda, di mana proyek turap di sana nampak terbengkalai.

Pantauan di lokasi pada Minggu (22/01/2023) sore, proyek dengan pagu senilai Rp3,1 miliar itu masih berantakan. Pada bagian salah satu sisi turap sepanjang sekira 20 sampai 30 meter masih dibiarkan tertutup dengan bronjong batu, tanpa ada pengerjaan turap.

Pemandangan lain yang terasa janggal yaitu adanya gundukan tanah lumpur yang masih memenuhi sisi turap bagian luar. Bahkan material bambu, kayu serta papan masih menempel pada dinding turap bagian dalam.

Pengerjaan proyek turap Kali Cibenda itu terkesan asal-asalan. Pihak mandor dari pemenang tender CV Berkah Karya Alfatih, Karsa, menyebut jika proyek tersebut telah selesai sejak tanggal 15 Januari 2023 pekan lalu.

“Udah selesai dari tanggal 15 kemarin,” ungkapnya.

Panjang sisi kanan dan kiri dari proyek turap itu sekira 250 dan 256-an meter. Saat ditanya lebih jauh, Karsa enggan menjelaskan mengapa proyek turap di sana tak dikerjakan sesuai rencana awalnya.

Hingga saat ini, pihak Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (DSDABMBK) Kota Tangsel belum memberikan keterangan atas pengerjaan tersebut.(sg)