Menhan Prabowo Sambut Hangat Menhan Australia di Hambalang, Perkuat Kemitraan Pertahanan

Bisnismetro.id, JAKARTA – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima kunjungan The Hon. Richard Marles MP, Deputi Perdana Menteri (DPM) Australia yang sekaligus menjabat sebagai Menteri Pertahanan Australia di kediaman Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jumat (17/11/2023). Kedatangan Menhan Richard disambut hangat oleh Menhan Prabowo yang menggunakan baju batik berwarna coklat.

Pertemuan keduanya itu diawali dengan sarapan pagi bersama sambil disuguhkan kopi khas Hambalang. Pada pertemuan tersebut kedua pejabat membahas hubungan bilateral kedua negara di bidang pertahanan.

“Australia telah berkontribusi positif dengan memperkuat kerja sama, interoperabilitas, dan koordinasi di antara layanan medis militer negara-negara ADMM-Plus selama Keketuaan bersama Australia dengan Brunei Darussalam dalam ADMM-Plus EWG tentang Kedokteran Militer periode 2021–2024,” kata Menhan Prabowo.

Diketahui, saat ini kerja sama antara Indonesia dan Australia telah memiliki kerja sama pertahanan yang mengatur sejumlah kerja sama. Di antaranya, seperti bidang industri pertahanan, pendidikan dan pelatihan, keamanan maritim, bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana, pemeliharaan perdamaian dan bidang lain yang menjadi kepentingan bersama.

Adapun, Menhan Richard menyatakan komitmennya atas kemitraan strategis hubungan dengan Indonesia. “Pemerintahan Perdana Menteri Albanese sangat berkomitmen pada kemitraan erat kami dengan Indonesia. Saya bertemu kembali dengan rekan saya, Menteri Prabowo Subianto untuk memperdalam kerja sama pertahanan melalui Kemitraan Strategis Komprehensif kami,” kata dia.

“Hubungan kami di seluruh kawasan ini sangat penting bagi keamanan dan kemakmuran Australia dan Pemerintahan Perdana Menteri Albanese akan terus memprioritaskan kerja sama regional kami,” lanjutnya.

Menhan Prabowo juga menyatakan kesiapan Indonesia untuk melanjutkan warisan berharga bersama Australia dan Brunei menjelang penyerahan ADMM-Plus EWG tentang Kedokteran Militer kepada Indonesia dan Amerika Serikat sebagai co-chair baru untuk periode 2024-2027.

Atas keberhasilan Australia dan Brunei tersebut Indonesia juga meminta dukungan Australia karena Indonesia dan Amerika Serikat akan menjadi ketua bersama dalam ADMM-Plus EWG tentang Kedokteran Militer untuk siklus berikutnya.

Menhan Prabowo juga mengungkapkan rasa hormatnya menjadi tuan rumah untuk menyambut kedatangan Menhan Richard. “Suatu kehormatan menjadi tuan rumah kunjungan kehormatan Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Australia Richard Marles di Hambalang Bogor hari ini. Pembahasan Strategis mencakup pentingnya penguatan kemitraan pertahanan yang sedang berjalan antara kedua negara bertetangga,” kata Menhan Prabowo.

Turut hadir mendampingi Menhan Prabowo sejumlah pejabat Kemhan diantaranya Sekjen Kemhan Marsdya TNI Donny Erwawan Taufanto, Dirjen Strahan Kemhan Mayjen Bambang Trisnohadi, Dirjen Pothan Mayjen TNI M. Fajar dan Kasatwas Unhan RI Mayjen TNI Rui Duarte, serta Athan RI di Canberra, Laksma TNI Anak Agung Oka Wirayudha. (Biro Humas Setjen Kemhan)***