Pangkoopsud I Turut Hadir Dalam Pelepasan Bansos ke Turki

Bisnismetro.id, TURKI – Panglima Komando Operasi Udara I Marsda TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc., turut hadir dalam pemberangkatan misi kemanusiaan dan bantuan sosial (bansos) ke Negara Turki di Lanud Halim Perdanakusuma. (Sabtu, 11/2/2023).

Pemberangkatan bantuan sosial ini diperintahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo dalam rangka membantu warga negara Turki yang terdampak gempa bumi berkekuatan 7,8 SR pada hari Senin, 6 Februari 2023 lalu.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P., menyampaikan bahwa bantuan yang dikirimkan saat ini merupakan tahap pertama dan akan ada bantuan tahap berikutnya. Lebih lanjut, Menko PMK menyampaikan bahwa relawan yang saat ini diberangkatkan akan berada di Turki selama 1 bulan lamanya, dan akan digantikan oleh kloter berikutnya hingga status pencarian dan pemulihan korban bencana alam gempa bumi ini dinyatakan selesai oleh pemerintah Turki.

Terdapat 2 pesawat yang diterbangkan pada hari ini menuju Turki langsung, 1 pesawat Boeing 737 untuk mengangkut personel relawan yang terdiri dari BNPB dan Basarnas. 1 pesawat Hercules untuk mengangkut peralatan yang dibutuhkan dan bantuan sosial seberat 5 ton.

Upacara pelepasan yang dipimpin langsung oleh Menko PMK bapak Muhadjir Effendy ini berjalan dengan khidmat dan lancar. Turut hadir Mentri Pertahanan bapak Prabowo Subianto, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kabasarnas Marsdya TNI Henri Alfiandi, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, dan sejumlah pejabat terkait misi kemanusiaan ini.(***)