Pastikan Arus Mudik Lebaran Aman, TNI AL Periksa Kesiapan Awal Penyeberangan Ketapang 

Nasional205 Dilihat

Bisnismetro.id, BANYUWANGI – Dalam rangka mendukung kelancaran serta keamanan para pemudik yang akan melewati penyeberangan di Selat Bali, TNI Angkatan Laut (TNI AL), Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi bersama instansi terkait yaitu Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Ketapang Banyuwangi melaksanakan pengecekan awal arus mudik lebaran tahun 2023 bertempat di Penyebaran ASDP Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (16/04).

Komandan Lanal (Danlanal) Banyuwangi Letkol Laut (P) Indra Nusha Raspati memimpin langsung pemeriksaan, mulai dari kapal penumpang, pos penumpang, sarana prasarana pendukung di pelabuhan, hingga kesiapan dermaga penumpang yang ada di penyeberangan ASDP Ketapang.

Lebih lanjut Danlanal menyampaikan kesiapan kapal yang akan digunakan untuk penyebarangan guna mengantisipasi lonjakan penumpang. “Setelah diadakan rapat koordinasi dengan pihak ASDP, telah disiapkan 48 kapal penumpang yang akan digunakan untuk mendukung kesiapan arus mudik penyeberangan dari Ketapang menuju Gilimanuk, maupun sebaliknya”, tegas Danlanal.

Lanal Banyuwangi juga menyiapkan kapal patroli Lanal Banyuwangi yaitu Kapal Angkatan Laut (KAL) Rajekwesi, RIB Katamaran dan sekoci karet guna mengantisipasi apabila terjadi kecelakaan di laut sehingga dengan cepat dapat melaksanakan Search And Rescue (SAR). Lanal Banyuwangi juga menyiapkan prajurit Lanal yang disiagakan di dermaga penyeberangan Ketapang untuk membantu keamanan dan kelancaran arus mudik.

Pelaksanaan pengecekan arus mudik yang dilaksanakan oleh Lanal Banyuwangi bersama instansi terkait menjadi penekanan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali kepada jajaran TNI AL yakni agar jalin sinergitas instansi pemerintah, maupun komponen bangsa lain guna mendukung keberhasilan tugas-tugas TNI Angkatan Laut dan tugas pokok TNI. (***)