Pemkot Tangsel Ingatkan Sertifikat Laik Fungsi (SLF) Gedung, Pasca 3 Nyawa Meninggal saat Kebakaran Hotel

Megapolitan127 Dilihat

Bisnis Metro,TANGERANG SELATAN-  Perizinan gedung bertingkat di wilayah Kota Tangsel bakal dievaluasi.

Evaluasi itu dilakukan buntut terbakarnya Hotel All Nite & Day di Alam Sutera yang dianggap tak memiliki standarisasi proteksi kebakaran.

Menurut Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie, bahwasanya saat mengurus Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) terdapat persyaratan laik fungsi, yang didalamnya terdapat standarisasi proteksi kebakaran.

Diketahui, Sertifikat Laik Fungsi (SLF) adalah pernyataan atas kelaikan fungsi sebuah bangunan yang telah selesai dibangun.

“Kan waktu mereka mengajukan PBG atau IMB dulu itu ada persyaratan laik fungsi salah satu dalam laik fungsi itu adalah soal pemadam kebakaran terpenuhinya Apar, kemudian juga mungkin ada pelatihan yang belum dipenuhi seperti itu,” Kata Benyamin, ditulis Rabu (12/6/2024).

“Ini akan menjadi bahan evaluasi bagi kita untuk gedung-gedung pencakar langit yang lainnya di Tangsel,” ucapnya.

Untuk mencegah terulangnya kembali peristiwa seperti di Hotel All Nite & Day Alam Sutera, Benyamin menyatakan akan mengumpulkan pengelola hotel dan pemilik gedung-gedung tinggi untuk diberikan arahan terkait kelaikan sebuah gedung.

“Saya akan kumpulkan para pengelola hotel melalui PHRI ataupun pemilik gedung gedung tinggi, termasuk gedung Pemkot juga kan 8 lantai, nanti akan kita briefing hal-hal yang perlu kita lakukan jadi perizinannya, kemudian, soal Damkarnya dan laik fungsi lainya kita akan hadirkan PLN juga,” ujar Bang Ben.

Jika ditemukan bangunan yang melanggar atau tak memiliki standarisasi kelaikan sebuah bangunan, Pemkot Tangsel akan memberikan sanksi kepada pihak pengelola gedung itu.

“Kita akan lihat seperti apa jenis pelanggarannya ya kalau umpamanya ketidaksengajaan mungkin kita mintakan mereka untuk membangun komitmen, tapi kalau memang ada kesengajaan tidak mustahil kita akan berikan surat peringatan,” tandasnya. (tgr/sg)