Peringati Hari Lahir Pancasila, Kasal Ikuti Upacara Secara Virtual

Nasional254 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA — Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono bersama para Pejabat Utama Mabesal mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni secara virtual bertempat di Wisma Elang Laut (WEL), Menteng, Jakarta Pusat. Rabu, (1/6).

Upacara hari lahirnya Pancasila merupakan peringatan yang merujuk pada lima pilar dasar berdirinya Indonesia dan pertama kali dikemukakan oleh Presiden Soekarno pada 1 Juni 1945. Saat itu, Bung Karno menyampaikannya dalam rangkaian sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Dalam pidatonya, ada lima konsep dasar negara yang dikatakan Bung Karno, yaitu kebangsaan, internasionalisme, permusyawaratan, kesejahteraan, dan ketuhanan. Lima konsep dasar negara itu kemudian dirangkum dalam nama Panca Sila, atas petunjuk seorang ahli bahasa. Kata Pancasila diambil dari bahasa Sansekerta, di mana Panca berarti lima dan Sila yang berarti dasar atau asas.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 yang dipimpin langsung Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo mengusung tema “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia” dipusatkan di Lapangan Pancasila, Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT). Upacara diselenggarakan secara sederhana namun khidmat dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19, hal ini terlihat dari sedikitnya jumlah pasukan peserta upacara yang mengikuti upacara dari unsur TNI, Polri serta para undangan yang hadir.

Rangkaian pokok upacara peringatan meliputi: mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan yang dipimpin langsung Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, pembacaan Teks Pancasila oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo, Pembacaan Naskah UUD RI Tahun 1945 oleh Wakil Ketua DPR Lodewijk F. Paulus serta diakhiri pembacaan doa oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.(***)