Personil Kodim 0906/Kutai Kartanegara Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

TNI Polri161 Dilihat

Kutai Kartanegara. bisnismetro.id–   Dengan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, sejumlah personil Kodim 0906/Kutai Kartanegara (Kkr) mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 yang digelar di lapangan upacara kantor Pemkab Kukar jalan Wolter Monginsidi kelurahan Timbau kecamatan Tenggarong kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Sabtu (01/06/2024)

Mewakili Komandan Kodim 0906/Kkr, Danramil 0906-01/Tenggarong Lettu Inf Adi Irawan turut hadir bersama jajaran OPD setkab Kukar dimana dalam pelaksanaan upacara peringatan hari lahir Pancasila yang diselengarakan oleh pemerintah kabupaten Kukar di pimpin oleh Bupati Edi Damansyah.

Selaku irup, Bupati Kukar membacakan amanat dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi yang mengatakan bahwa hari lahir Pancasila adalah momentum peringatan peristiwa ketika Bung Karno sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidato pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada dan merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

Pancasila harus senantiasa di jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Melalui peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila, ucap Bupati dalam amanatnya.

Mengutip amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Danramil 0906-01/Tenggarong Lettu Inf Adi Irawan berharap semoga melalui peringatan hari lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju adil makmur dan berwibawa di kancah dunia, tuturnya.