Pushidrosal menerima kunjungan Taruna/Taruni Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya 

Pendidikan168 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA – Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menerima kunjungan Taruna/taruni Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya (Aman Jaya) bertempat di Lounge Room Perwira Pushidrosal, Jakarta Utara, Kamis (11/5/2023).

Kedatangan rombongan yang dipimpin oleh Kolonel Laut (Purn) Samiyono selaku Direktur Aman Jaya dan 5 pendamping beserta Taruna/taruni berjumlah 91 siswa yang diterima oleh Kadisserprof Pushidrosal Kolonel Laut (KH) Kukuh Suryo Widodo mewakili Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Nurhidayat.

Dalam sambutannya Danpushidrosal yang dibacakan oleh Kadisserprof mengatakan, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2019 tentang susunan organisasi Tentara Nasional Indonesia. Pushidrosal merupakan lembaga pemerintah di bawah organisasi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) yang bertugas menyelenggarakan pembinaan hidro-oseanografi yang meliputi survey, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan laut dan keselamatan navigasi pelayaran baik untuk kepentingan TNI maupun untuk kepentingan umum.

Pushidrosal merupakan representasi legal dan wakil pemerintah RI dalam keanggotaan resmi organisasi Internasional, yaitu Internasional Hydrographic Organization (IHO). Selain itu, Pushidrosal juga menjadi anggota delegasi pemerintah RI di Internasional Maritime Organization (IMO), saat ini Komandan Pushidrosal menjabat ketua di 2 regional komisi hidrografi dunia yaitu East Asia Hydrographic Commission (EAHC) dan North Indian Ocean Hydrographic Commission (NIOHC).

Dalam kunjungan Taruna dan Taruni Akademi Maritim Nusantara Jakarta Raya bidang studi Nautika tingkat I dan II tersebut diberikan paparan oleh Kadispeta Pushidrosal Kolonel Laut (P) Agus Sutrianto tentang penggunaan produk digital hidros/non hidros dan metode distribusinya yang dilanjutkan diskusi dan Tanya jawab.

Selanjutnya Taruna dan taruni Aman Jaya berkesempatan untuk berkunjung ke satuan kerja di lingkungan Pushidrosal seperti Dinas Pemetaan, Dinas Produksi dan Distribusi serta museum Pushidrosal.(***)