Rubah Peruntukan Fasos Fasum, Wakil Walkot Tangsel: Harus Izin Dahulu

Megapolitan230 Dilihat

Bisnis Metro,TANGERANG SELATAN- Wakil walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Pilar Saga Ichsan menanggapi soal lahan fasos fasum yang dibangun gerbang dan tembok perumahan D’Hills Residence di Villa Pamulang, Jalan Pandawa RW 17 Kelurahan Pondok Benda, Kecamatan Pamulang.

Menurut Pilar, lahan Fasilitas Sosial (Fasos) dan Fasilitas Umum (Fasum) yang digunakan untuk kepentingan usaha ada aturannya.

“Itu ada aturannya. Jangan sampai nanti ada temuan. Itu kan nanti bakal diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK),” ujar Pilar disela tugasnya, Sabtu (24/6/2023) malam.

Pilar meminta kepada masyarakat yang hendak menggunakan lahan Fasos Fasum agar melakukan langkah izin terlebih dahulu.

“Harus ada langkah izin. Itu ada ya caranya. Kalau lahan itu di Dispora ya izin di Dispora, kalau lahan itu di Kecamatan ya di Kecamatan. Jadi di telusuri dulu lahan itu,” ucap Pilar.

Seperti diberitakan sebelumnya, perumahan D’Hills Residence yang masih dalam tahap pemasaran membangun gerbang beserta tembok di atas lahan fasos fasum.

Penempatan tembok di lokasi fasos fasum tersebut yang merupakan sempadan sungai Angke, Agar menarik peminat perumahan untuk membeli unit rumah.

Dengan demikian penempatan tembok dan gerbang itu untuk kepentingan usaha atau komersil. Namun sayangnya, pihak perumahan terkesan serampangan saat pertama kali membangunnya.

Sementara saat dikonfirmasi, Kepala Bidang Penegakan Perundang-undangan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangsel Muksin Al-Fachry tengah mengecek perizinan pembangunan gerbang dan tembok perumahan tersebut.

“Kita juga tidak mau gegabah ya. Makannya sedang kami cek dulu PBGnya ya. Sekarang peraturannya PBG ya bukan IMB lagi,” katanya. (Sg/ih)