Sesbadiklat Kemhan Resmi Tutup Diklat Fungsional Penjenjangan Auditor Ahli Muda TA. 2023

Nasional189 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA – Sesbadiklat Kemhan Marsma TNI Asfan Jauhari, S..A. P., M. Si menutup Diklat Fungsional Penjenjangan Auditor Ahli Muda TA. 2023 di Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan Salemba Jakarta.

Perubahan lingkungan pengawasan yang dinamis baik dari aspek pengembangan profesi maupun kebutuhan stakeholders dan kegiatan pengawasan internal telah mempengaruhi tuntutan akan peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) yang efektif. Perkembangan teknologi, perubahan lingkungan pemerintahan dan perubahan ketentuan memberikan konsekuensi terhadap peran dan fungsi APIP yang perlu didukung dengan SDM yang kompeten dalam rangka membantu manajemen untuk mencapai tujuan.

Diklat Fungsional Penjenjangan Auditor Ahli Muda Kemhan/TNI TA. 2023 yang telah ditutup pada hari ini merupakan penyiapan SDM pengawasan, untuk mendukung tata kelola pemerintahan yang baik, yaitu terwujudnya efektifitas dan efisiensi penggunaan anggaran pasca pandemi. Pada dasarnya Diklat Penjenjangan Auditor Ahli Muda dikhususkan bagi Auditor agar dapat memimpin suatu tim pengawasan yang handal.

Diklat ini dilaksanakan dengan waktu pembelajaran selama 6 Minggu, mulai tanggal 8 Februari s.d. 15 Maret 2023, diikuti oleh 20 personel yang terdiri dari Kemhan sebanyak 6 orang, berikut dari Mabes TNI 2orang, TNI AD 7 orang, TNI AL 2 orang serta TNI AU 3 orang.

Metode Pembelajaran diselenggarakan secara blended learning dengan rincian kegiatan berupa E-learning yang terdiri dari MOOC dimulai dari tanggal 8 hingga 17 Februari 2023 diikuti Ujian sertifikasi dari tanggal 8 hingga 10 Maret 2023, selain itu juga dilaksanakan metode Klasikal yang terdiri dari bidang Studi Dasar dimulai dari tanggal 20 hingga 21 Februari 2023, bidang Studi Inti dimulai tanggal 22 Februari hingga 7 Maret 2023 serta Observasi Lapangan dimulai tanggal 12 hingga 14 Maret 2023. Pemberi Materi, terdiri dari Fasilitator Pusbin JFA BPKP, Widyaiswara Pusdiklatwas BPKP, Fasilitator KPK, Fasilitator Fakultas Psikologi UI, Pejabat Biro Ortala Setjen Kemhan serta Widyaiswara Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan. Selama melaksanakan Pendidikan seluruh peserta menggunakan akomodasi asrama Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan. Kegiatan Operasional Diklat dikendalikan oleh Kepala Bidang Operasi Pendidikan dan Pelatihan (Kabid Opsdiklat) Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan, sedangkan bimbingan dan pengasuhan oleh Kepala Kursus beserta Pembina yang ditunjuk oleh Kapusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan.

Peserta Diklat Fungsional Penjenjangan Auditor Ahli Muda TA. 2023 telah mengikuti materi pembelajaran yang diberikan. Setelah dilaksanakan Ujian Sertifikasi Jabatan Fungsional Auditor dan Evaluasi Akhir Diklat, 20 peserta Diklat dinyatakan LULUS serta berhak mendapatkan sertifikat kelulusan dari Pusbin JFA dan Pusdiklatwas BPKP.

Turut hadir pada penutupan Diklat Fungsional Penjenjangan Auditor Ahli Muda Kemhan/TNI TA. 2023 tersebut, Staf Ropeg Setjen Kemhan, Staf Spers Panglima TNI, Staf Pusdiklatwas BPKP, Kapusdiklat Badiklat Kemhan, Staf Spers Kasad, Staf Spers Kasal serta Staf Spers Kasau serta para Widyaiswara Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan.(***)