Bisnismetro.id, SEMARANG – Syntech, unit bisnis RDS Group yang berfokus pada solusi digital untuk industri kesehatan dan asuransi, hadir dalam Indonesia Underwriting Summit (IUS) 2025 yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Underwriter Jiwa Indonesia (PERUJI) pada 13–14 Agustus 2025 di Hotel Padma, Semarang. Tahun ini, forum mengangkat tema “Digital Power, Customer First – Synergizing Digital Innovation and Customer-Centricity for Underwriting and Claims Transformation” yang menyoroti peran digitalisasi sebagai kunci transformasi industri asuransi jiwa.
Dalam forum bergengsi ini, Syntech membawakan presentasi berjudul “From Manual to Intelligent: The Future of Claims Processing.” Presentasi tersebut disampaikan oleh Terence Martin selaku Managing Director Syntech, menekankan bagaimana sinergi antara inovasi digital dan pendekatan yang berorientasi pada pelanggan dapat mempercepat proses claim dan klaim sekaligus meningkatkan akurasi, efisiensi, serta pengalaman pelanggan serta dapat digunakan juga sebagai bahan acuan untuk proses underwriting.
“Artificial Intelligence tidak lagi sekadar alat pendukung, tetapi pengubah permainan. Dengan memadukan inovasi digital dan pendekatan customer centricity, Syntech berkomitmen menghadirkan layanan underwriting dan klaim yang lebih cepat, akurat, transparan, sekaligus meningkatkan pengalaman pelanggan,” ujar Terence Martin.
Kehadiran Syntech di PERUJI 2025 disambut positif oleh peserta forum. Diskusi panel turut menghadirkan dr. Hendrikus Dharmawan (Equity Life) dan dr. Dian Indriasari (NasionalRe). Forum ini menjadi ruang kolaborasi penting yang mempertemukan perusahaan asuransi, regulator, dan penyedia solusi teknologi untuk bersama-sama membangun ekosistem layanan asuransi yang lebih modern dan terpercaya.
Partisipasi Syntech di PERUJI 2025 merupakan langkah strategis untuk memperkuat perannya sebagai mitra teknologi bagi industri asuransi jiwa di Indonesia. Melalui forum ini, Syntech tidak hanya memperkenalkan inovasi teknologi yang dimiliki, tetapi juga membuka peluang kolaborasi lebih luas dengan perusahaan asuransi, regulator dan penyedia layanan kesehatan dalam membangun ekosistem asuransi yang modern, efisien, dan berkelanjutan.
Dengan pengalaman panjang dalam mendukung transformasi digital di sektor kesehatan dan asuransi, Syntech terus berfokus menghadirkan solusi teknologi yang inovatif, adaptif terhadap perkembangan industri, serta berorientasi pada pelanggan. Beberapa layanan Syntech yang performanya menjadi sangat terbantu dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) adalah peningkatan layanan yang berfokus pada konsumen, peningkatan efisiensi dan meminimalisir kesalahan, pengidentifikasian penipuan dan penyalahgunaan dan transparansi dalam pengambilan keputusan klaim, serta memberikan layanan proaktif dan personal kepada perusahaan asuransi. Langkah ini sejalan dengan visi Syntech untuk menjadi katalisator dalam menciptakan layanan asuransi jiwa yang lebih inklusif, terpercaya, dan berdaya saing global.(Red)***