Tangsel Pertama Kali di Indonesia, Kepengurusan Dekranasda sampai Tingkat Kecamatan Dan Kelurahan

Ekonomi308 Dilihat

Bisnis Metro,TANGERANG SELATAN- nsya allah dana kelurahan tahun depan bisa sampai Rp1000000000 (1 Milyar), sesuai dengan rencana, harus dimanfaatkan untuk pemberdayaan masyarakat. Karang taruna dilibatkan, PKK, lalu LPM dan lain sebagainya termasuk di situ Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah).

Hal tersebut diungkapkan Wakil Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Pilar Saga Ichsan dalam sebagian sambutannya di acara Pelantikan Dekranasda Kecamatan Ciputat Dan Kelurahan se Kecamatan Ciputat periode 2022-2026, di Gedung Serba Guna, Vila Mutiara Sawah Baru, Ciputat, Senin (5/12/2022).

Dirinya pada kegiatan yang menggunakan Anggaran 2022 ini mewanti-wanti para Lurah dalam penyusunan program yang menggunakan anggaran, untuk melibatkan lembaga-lembaga, masyarakat, kepemudaan, pkk, lalu salah satunya dekranasda.

“Tolong, bapak-bapak lurah, program dana kelurahan itu jangan hanya untuk program sendiri tapi kita libatkan kawan, kawan kita yang baru dilantik ini, supaya mereka punya inovasi kira- kira tanya programnya mau apa pelatihan apa bantuan apa, alatkah atau bantuan seperti apa supaya minimal 1 program itu fokus di sebuah kelurahan jadi ada hasilnya, jangan nanti kita melakukan sesuatu akhirnya nggak ada bekasnya,” pintanya.

Wakil Walikota yang pernah trending di majalah cetak saat Pilkada lalu sebagai pimpinan Termuda Umurnya, melihat beberapa kelurahan lain di luar wilayah Ciputat punya catatan potensi yang baik, misalnya sentra batik, eco print, dan lainnya.

“Saya nggak tahu di Ciputat apa saja yang potensinya. Jadi saya harap kedepan kelurahan aktif untuk mengajak, organisasi-organisasi, ataupun lembaga- lembaga, kepemudaan, dekranas, pkk dan lain sebagainya, dalam menyusun program untuk selama 1 tahun ke depan,” harapnya sekali lagi.

Sebelumnya disampaikan oleh dia, bahwa menjadi seorang pengurus dekranasda merupakan tantangan tersendiri karena dekranasda ini sebetulnya kepengurusannya bukan Kota Tangerang Selatan saja.

Dekranasda ini bukan sebuah organisasi yang hanya ada di wilayah lokal Tangerang Selatan saja, tapi struktur kepengurusan dekranasda ini hadir dari tingkat nasional.

Kalau kita lihat ketua tingkat nasional, dekranas Indonesia itu adalah Ibu Presiden lalu turun ke Menteri lalu turun lagi ke Gubernur, ke Walikota Bupati, lalu turun ke Camat dan ke Lurah.

Nah ini inovasi terbaru di Indonesia ini mungkin baru pertama kali kepengurusan deklarasda ini sampai tingkat Kecamatan dan Kelurahan.

Berikut beberapa pejabat yang hadir diantaranya, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Heru Agus beserta jajaran, Camat Ciputat Mamat sebagai Tuan rumah,beserta jajaran, Ketua Dekranasda Kota Tangsel, Raden Roro Truetami Ajeng Soediutomo,SH,M.Kn (Isteri Pilar Saga Ichsan) beserta jajaran pengurusnya.

Disini hadir pula Stafsus Walikota, doktor Haris, serta Hilmi sebagai Stafsus Bidang Ekonomi kreatif, juga tentu saja Sekretaris Bappeda Kota Tangsel Bachtiar Priambodo.

Lalu Ketua Dekranasda Kecamatan Ciputat Masnawati, yang baru saja dilantik beserta jajaran pengurus, juga Lurah se Kecamatan Ciputat. Ketua dan Pengurus Dekranasda seluruh kelurahan di Kecamatan Ciputat yang baru saja dilantik, kemudian para pelaku UMKM, dan para tamu undangan lainnya. (sg)