Tidak Ada Larangan Hewan Piaraan dan Camping di Pantai Semukuk Kalianda Lampung

Hiburan303 Dilihat

Bisnis Metro,LAMPUNG- Warga setempat yang bernaung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) pengelola Pantai Kemukuk Indah Desa Pauh Tanjung Iman, Kalianda Lampung Selatan merasa sumringah atas serbuan pengunjung untuk menikmati liburan bersama keluarganya pada hari kedua lebaran idul fitri, Minggu (23/4/2023).

Mereka berharap ramainya pengunjung seperti hari ini, ataupun sampai masa cuti bersama selesai, bisa terus mendapat pendapatan naik drastis.

Tanpa sebab harapan mereka, selain Pantai Semukuk Indah, banyak tempat wisata alam maupun wisata pantai lainnya di Kabupaten Lampung Selafan.

Pada hari itu, tidak hanya warga Lampung Selatan saja, warga dari luar kota seperti Palembang, Jambi, hingga Jakarta juga menghabiskan masa liburan idul fitri bersama keluarga di Pantain Semukuk.

Di pantai, selain makan bersama di tikar lesehan dan berenang, juga tersedia permainan ayunan untuk buah hati.

“Anggota Pokdarwis sehari-harinya berjumlah 12 orang, namun saat ramai lebaran ini, kami tambah belasan orang lagi dengan upahnya secara harian,’ ungkap Warman, ketua prngelolanya.

Masuk pos, tiket perorangan harganya relatif murah, kemudian masih ada tarif parkir untuk roda 2 maupun roda 4. Pengelolanya juga menyediakan 6 kamar mandi yang bertarif 2 ribu.

Pengelola juga tidak melarang hewan piaraan pengunjung masuk ke lokasi asalkan tetap terikat dalam genggaman tangan pemilik. “Beberapa hari lalu, juga ada komunitas dari hewan anjing yang kesini untuk melatih piaraannya berenang,” tutur Warman.

Pantai Semukuk buka setiap hari pukul 07.00-18.00 Wib, pun mempersilakan wisatawan yang akan camping di tenda. “Aturan kami, mereka yang camping bila bukan pasangan suami isteri sah, tendanya harus terpisah,” ucapnya.

Selain mushola, pengelola juga mempunyai gedung aula bagi para kelompok pengunjung di event tertentu.

“Untuk ibu-ibu yang menyusui, bisa di tenda barak, dekat musholla,” tukasnya.