TNI AL Adakan Bimbingan Manasik Jamaah Calon Haji Tahun 2023 

TNI Polri235 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA – Dalam rangka persiapan keberangkatan Calon Haji TNI Angkatan Laut (TNI AL), Dinas Pembinaan Mental Angkatan Laut (Disbintalal) menyelenggarakan Bimbingan Manasik bagi Jamaah Calon Haji TNI AL tahun 1444 H/2023 M di Masjid Al Arif Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (8/2).

Kepala Dinas Pembinaan Mental Angkatan Laut (Kadisbintalal) Brigjen TNI Marinir Sandy Muchjidin Latief membuka secara resmi Bimbingan Manasik bagi Jamaah Calon Haji TNI AL Tahun 2023 dengan diawali Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Serda PDK Syahrul Qodri.

“Saya menghimbau kepada seluruh jamaah calon Haji TNI AL untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya agar bisa mengikuti tahapan demi tahapan Manasik Haji sehingga mengerti betul tentang teori dan praktek Manasik Haji yang benar”, pesan Kadisbintalal.

Acara dilanjutkan dengan pemberian materi, diantaranya penjelasan umum tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 2023 oleh Kolonel Laut (KH) Harun Arrasyid dan syarat, rukun, dan hal yang membatalkan haji serta macam-macam haji (Qiron, Tamat, Ifrad) oleh Drs. H. Kusnadi.

Bimbingan ini akan dilanjutkan pada hari Rabu, tanggal 15 Februari dengan Penjelasan tentang Maktab-Maktab, tempat bersejarah, proses pemberangkatan, pemulangan dan tanya jawab oleh Kapten Laut (KH) Yusup Imannurdin. Kemudian tanggal 22 Februari dilanjutkan dengan materi ceramah kesehatan haji oleh Tim Kesehatan Haji Puskesmas Cipayung serta ceramah tentang hakekat Haji Mabrur dilanjutkan tanya jawab oleh Letkol Laut (KH) H. Bahrum.

Pada tanggal 1 Maret mendapat materi Akhlakul Karimah Haji oleh Pembina, IV/a H. Fana Kartiko dan ceramah sekitar ibadah haji dan keutamaannya dilanjutkan tanya jawab oleh Kolonel Laut (KH) H Fauyan Asngari. Kegiatan diakhiri dengan praktek manasik haji oleh Pembina, IV/a H. Fana Kartiko dan Drs. H. Kusnadi pada tanggal 8 Maret 2023 mendatang.

Kadisbintalal Brigjen TNI Mar Sandy Muchjidin Latief berharap agar jamaah calon Haji dapat senantiasa berupaya meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, karena kedua hal tersebut merupakan modal dasar sebagai upaya mewujudkan Haji yang Mabrur.

Kegiatan ini selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali agar seluruh prajurit TNI AL memperkuat keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan pengabdian yang penuh dengan ketulusan serta keikhlasan hati dalam menjaga kedaulatan dan keamanan negara di laut. (***)