TNI AL dan AL Turki Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Bidang Pertahanan Laut 

Bisnismetro.id, ANKARA -BTNI AL dan Angkatan Laut Turki  menyepakati peningkatan kerjasama dua negara di bidang pertahanan laut, hal tersebut terungkap saat kunjungan kerja Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali di Turkish Naval HQ, Ankara, pekan ini.

Dalam kesempatan tersebut, Kasal melaksanakan pertemuan dengan Commander of the Turkish Naval Force, Admiral Ercument Tatlioglu. Sejumlah Kerjasama bilateral dibicarakan diantaranya, kerjasama bidang latihan dan pendidikan, pertukaran informasi, hingga penggunaan teknologi maritim.

“Kami menyepakati untuk menjadikan pertemuan ini sebagai landasan awal dalam meningkatkan kemitraan strategis antara TNI AL dan Turkish Naval Force, yang mana dilatar belakangi pada sikap saling menghormati dan saling percaya.” Ungkap Laksamana TNI Muhammad Ali dalam pertemuan itu.

Selain melaksanakan pertemuan antara pimpinan Angkatan Laut dua negara, dalam lawatannya di Turki, Laksamana TNI Muhammad Ali beserta sejumlah delegasi TNI AL melaksanakan peninjauan ke Armada Angkatan Laut Turki dan peninjauan sejumlah produsen Alat Utama Sistem Senjata.

Seperti diketahui, peningkatan kerjasama bidang pertahanan laut dengan negara sahabat menjadi salah satu prioritas dari Kasal. “Pengembangan Sumber Daya Manusia secara bilateral dalam bentuk latihan dan pendidikan mutlak harus dilaksanakan dengan negara-negara sahabat, guna membentuk Sumber Daya Manusia yang unggul dan profesional”, tegas Kasal. (***)