TNI AL Gelar MTQ dan MHQ, Bangun Kecintaan terhadap Al-Quran

Sosbud98 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA – Dalam upaya membangun kecintaan Al-quran khususnya di lingkungan keluarga besar TNI Angkatan Laut, TNI AL menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang secara rutin setiap tahun dan Ekshibisi MHQ tahun 2023, bertempat di Masjid Al- Arif, Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (06/09) dibuka Koordinator Staf Ahli Kasal (Koorsahli Kasal) Laksamana Muda TNI Budi Setiawan mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali.

Kegiatan yang akan dilaksanakan 6 hingga 7 September 2023 mendatang ini diikuti sebanyak 40 peserta dari Kotama-kotama TNI AL seluruh Indonesia yang merupakan peserta hasil seleksi terbaik Kotama TNI AL dengan kategori Militer Pria, PNS Pria, kategori wanita terdiri dari Kowal, PNS Wanita dan Jalasenastri dan kategori anak-anak, SD, SMP dan Wanita. Sementara peserta lomba MHQ berjumlah 6 orang kategori 1 Juz, 5 Juz, 10 Juz, 15 Juz, 20 Juz, dan 30 Juz dengan penilaian Tajwid, Lagu dan Suara, serta adab dan fashahah

Kasal dalam sambutan yang dibacakan Koorsahli Kasal mengatakan sebagai umat Islam sangat meyakini dan tanpa keraguan bahwa Al-Quran adalah kalam Ilahi yang diturunkan untuk menjadi pedoman utama umat manusia dalam menjalani kehidupan di dunia. Sebagai salah satu mukjizat tanda Kerasulan Nabi Muhammad, Al-Quran memiliki kandungan yang luar biasa, bukan hanya dilihat dari sudut pandang keagamaan, tetapi juga dari segi ilmu pengetahuan.

“Kitab suci ini adalah inspirasi dalam membangun nilai-nilai kerukunan, toleransi dan keharmonisan sekaligus solusi dari berbagai persoalan aktual umat dan bangsa saat ini”, jelas Kasal. Namun pada kesehariannya, sebagian besar umat islam masih memiliki kekurangan dalam hal pemahaman yang benar tentang isi dan kandungan Al Qur’an, tambahnya.

Kasal berharap kegiatan MTQ yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan menyambut peringatan HUT ke-78 TNI AL ini, bisa dimanfaatkan tidak hanya untuk mengejar kemenangan saja, akan tetapi lebih kepada upaya memupuk motivasi dan keinginan yang kuat untuk menguasai ilmu-ilmu keagamaan yang berkaitan dengan Al Qur’an.

Sementara itu, Kepala Dinas Pembinaan Mental TNI AL (Kadisbintalal) Brigjen TNI (Mar) Sandy Muchjidin Latief, S.IP selaku Ketua Penyelenggara menjelaskan bagi pemenang juara I untuk semua kategori akan diikutkan TC untuk persiapan mengikuti MTQ Tingkat TNI selain akan diberangkatkan ibadah Umrah dengan biaya bantuan dinas tahun 2024 kecuali peserta kategori anak-anak. Sementara juara II dan III akan mendapatkan piala dan uang pembinaan.

Pelaksanaan MTQ Tingkat TNI AL dan Ekshibisi MHQ merupakan perwujudan dalam mensukseskan program prioritas Kasal dalam meningkatkan kualitas SDM TNI AL yang unggul dan profesional. (***)