TNI AL Gelar Seminar Wujudkan Kekuatan Berdaya Gentar Tinggi 

Bisnismetro.id, JAKARTA – Markas Besar Angkatan Laut menggelar seminar Pembangunan Postur TNI AL 2025 – 2044 yang mengusung tema “Terwujudnya kekuatan TNI AL yang berdaya gentar tinggi, guna mendukung visi Indonesia 2045 sebagai negara nusantara yang berdaulat, maju dan berkelanjutan”. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, Selasa (4/07) di Wisma Elang Laut, Jakarta.

Diselenggarakannya seminar tersebut sebagai forum untuk menampung pandangan, gagasan dan masukan dari berbagai narasumber yang berasal dari kalangan akademisi dan pemangku kepentingan, dalam rangka mendukung proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan kekuatan jangka panjang TNI AL.

Disampaikan Kasal saat membuka seminar tersebut bahwa, TNI AL dituntut untuk mampu membangun kekuatan yang efektif dan adaptif terhadap perkembangan lingkungan strategis dan kemajuan teknologi di dalam framework rencana pembangunan jangka panjang nasional 2045.

“Untuk itu, rancangan awal visi pembangunan postur kekuatan TNI AL 2025-2044 diarahkan untuk mewujudkan TNI AL yang modern, menggentarkan, dan berproyeksi global”, tegas Kasal.

Bertindak sebagai Moderator dalam seminar ini Dr. Phill Shiska Prabawaningtyas, serta menghadirkan sejumlah pembicara yang berlatar belakang akademisi serta pengamat pertahanan diantaranya Dr. Connie Rahakundini Bakrie yang menyampaikan terkait rencana visi kemaritiman terhadap pembangunan kekuatan TNI AL. Selain itu juga ada bapak Bogat Widyatmoko yang menyampaikan materi rencana pembangunan jangka panjang nasional dan tren anggaran pertahanan dihadapkan dengan pembangunan TNI AL.

Gubernur Lemhannas bapak Andi Widjajanto yang berbicara terkait implikasi perkembangan lingkungan strategis terhadap pembangunan kekuatan TNI AL. Selain itu, materi perkembangan teknologi dan peperangan masa depan serta komparasi kekuatan militer kawasan yang disampaikan oleh Ristian Atriandi Supriyanto. (***)