TNI AU dan Operator Penerbangan Bahas Pengamanan dan Pengawasan Penerbangan Pesawat Unscheduled

Bisnismetro.id, JAKARTA – TNI AU, dalam hal ini Dinas Pengamanan dan Sandi TNI AU (Dispamsanau) beserta 67 operator maskapai penerbangan, membahas Pengamanan dan Pengawasan Penerbangan pesawat _Unscheduled_ Domestik di gedung Persada Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (10/3/2023).

Kegiatan yang dipimpin Kadispamsanau Marsma TNI Bambang Juniar Djatmiko S.Sos., M.M., selain untuk mempererat silaturahmi juga untuk meningkatkan atensi terhadap dinamika dan perkembangan penerbangan domestik.

Kadispamsanau mengatakan, dari hasil pertemuan, arahan dan penekanan pimpinan, serta diskusi konstruktif, diharapkan dapat meningkatkan koordinasi dan sinergitas antar pihak dalam menciptakan keamanan wilayah udara Indonesia.

“Langkah-langkah preventif harus dikedepankan dalam mencegah terjadinya pelanggaran penerbangan terhadap ketentuan-ketentuan yang berlaku dan koordinasi keamanan penerbangan,” ujar Kadispamsanau.

Kadispamsanau juga menghimbau, agar operator maskapai penerbangan turut berperan aktif dalam memperketat pemeriksaan barang dan penumpang, terkait penyeludupan, seperti penyelundupan senjata api, amunisi, narkoba, atribut separatis, dan miras, serta barang-barang ilegal lainnya.

Kepada seluruh pihak,, diingatkan kembali untuk ikut menjaga netralitas TNI menjelang Pemilu 2024, yaitu terkait penggunaan fasilitas, sarana dan prasarana penerbangan, terutama di wilayah militer atau pangkalan udara setempat.(***)