TNI AU Siagakan Satu _Flight_ F -16, Amankan KTT ASEAN, Labuhan Bajo

Bisnismetro.id, NTT – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 tahun 2023, segera di gelar di Labuhan Bajo, NTT, Indonesia, pada 9 – 11 Mei 2023. Sebanyak 8 pemimpin negara, dan satu PM serta Sekjen ASEAN dijadwalkan hadir.

Untuk menjaga agar pertemuan para pemimpin negara-negara ASEAN berjalan dengan aman, TNI AU menyiapkan operasi pengamanan VVIP/VIP di wilayah udara sekitar Labuhan  Bajo, NTT.

Kepala Dinas Peneranga TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, S.Sos menyebutkan, sesuai perintah Panglima TNI, TNI AU menyiapkan satu _flight_ pesawat tempur F-16 _figthing falcon_ Skadron Udara (Skadud) 14 Lanud Iswahjudi, Magetan.

“Skadron Udara 14 ditugaskan sebagai unsur sergap di Bawah Kendali Operasi (BKO) Mabes TNI yang tergabung dalam Satgasud, dipimpin oleh Pangkoopsud II,” ujar Kadispenau.

Kadispenau menambahkan, unsur sergap F-16, terbagi dalam dua _home base_, yaitu Lanud El Tari Kupang oleh Skadud 14, dan Lanud Iswahjudi Magetan oleh Skadud 3.

Flight pesawat F-16 Skadud 14 dipimpin Komandan Skadud 14 Mayor Pnb Anwar Sovie, bertugas melaksanakan _Combat Air Patrol_ (CAP) di area Tambolaka. Unsur Sergap, juga akan bekerja sama dengan Satrad 226 Buraen, Kupang yang akan mencover area selatan dan timur.

Selain melaksanakan CAP, unsur sergap Skadud 14 juga akan melaksanakan _Quick Reaction Alert_ (QEA), yaitu kesiapsiagaan skadron tempur untuk dapat _airborne_ secepat mungkin apabila ada perintah melaksanakan _scramble_ di area Lanud Eltari Kupang. Satu flight F-16 Skadud 14 melaksanakan ferry dari Lanud Iswahjudi, pada 9 Mei 2023 combine pelaksanaan operasi pengamanan udara di Tambolaka, sebelum mendarat di Lanud Eltari Kupang.(***)