Wakasau Hadiri Konferensi Ke-19 Kepala Staf Angkatan Udara Asean di Laos

Bisnismetro.id, LAOS – Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsdya TNI A. Gustaf Brugman., M.Si (Han) menghadiri konferensi ke-19 Kepala Staf Angkatan Udara Asia Tenggara yang berlangsung di Luang Prabang, Laos, dari tanggal 3-6 November 2022.

Konferensi dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Udara Laos Brigadir Jenderal Khamlek Sengphacan dan diikuti oleh 10 pimpinan Angkatan Udara negara Asia Tenggara.

Dalam sambutan Kasau yang dibacakan Wakasau dikatakan, Sejak tahun 2004, konferensi para Kepala Staf Angkatan Udara telah menjadi forum penting untuk berbagi pengalaman dan bertukar pikiran antara Angkatan Udara di Asia Tenggara. Wakasau juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh para Pimpinan Angkatan Udara ASEAN, yang telah menerima personel TNI AU dalam berbagai program pendidikan dan latihan bersama.

“Tahun ini, forum memiliki peran yang lebih besar dari sebelumnya, karena kita menghadapi perubahan geopolitik regional yang sangat dinamis dan menantang. Sebagai Angkatan Udara ASEAN, kita perlu segera mengedepankan kebersamaan,” ujar Wakasau.

Pada sambutan tersebut, Wakasau menyampaikan tiga pokok bahasan, yaitu Kepentingan strategis kawasan Indo Pasifik, Peran Kekuatan Udara di Abad Indo-Pasifik dan Peran Angkatan Udara ASEAN dalam menjaga perdamaian, stabilitas, dan keamanan ASEAN, dari Perspektif Angkatan Udara Indonesia.

Pada bagian akhir sambutan, Wakasau menyampaikan pentingnya ASEAN memperkuat komunikasi dan koordinasi, baik di tingkat taktis maupun operasional, untuk memastikan setiap usulan operasi bersama dan program latihan bersama dilaksanakan dengan baik dan, di atas segalanya, untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di Asia Tenggara.(***)