Waspadai Wabah PMK,Babinsa Koramil 02/Kuantan Tengah Kembali Laksanakan Sosialisasi Dan Cek Hewan Ternak

TNI Polri100 Dilihat

Teluk Kuantan – Babinsa Koramil 02/Kuantan Tengah Kodim 0302/Inhu Serka Despi Herdison Kembali melaksanakan sosialisasi dan pengecekan hewan ternak milik warga dalam rangka mewaspadai wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak sapi di wilayah binaannya di Desa Seb. Taluk.Kec. Kuantan Tengah Kab. Kuansing, Selasa( 28/05/2024).

Dikatakan Babinsa Serka Despi Herdison bahwa Langkah tersebut menindaklanjuti arahan pimpinan kepada jajarannya untuk terus memeriksa kondisi hewan ternak di wilayah binaan dalam rangka antisipasi penyebaran luas wabah PMK.

“Meskipun penyakit ini belum menyebar luas, antisipasi sedini mungkin sangat diperlukan mengingat wabah ini semacam virus yang mudah menular, ” jelasnya. Selain itu pihaknya juga melakukan imbauan terhadap warga setempat untuk melakukan pencegahan penyakit PMK ini dengan cara penyekatan keluar masuknya kerbau dan sapi dari luar daerah serta melapor kepada petugas agar cepat di tangani.

“Waspadai jika hewan peliharaan kontak langsung dengan hewan lain diluar daerah, penyakit ini mudah menular, dan laporkan kepada pihak perangkat desa dan akan diteruskan ke Dinas Pertanian dan Peternakan apabila menemukan gejala penyakit ini, ” Imbuhnya.

Babinsa Serka Despi Herdison juga mengingatkan kepada para peternak untuk rutin memeriksa hewan ternak, seperti sapi, kerbau dan jika ada gejala atau indikasi terjangkit PMK segera melapor kepada instansi terkait atau aparat terdekat. “Pungkasnya.