Zona Bakamla Barat Adakan Pembinaan bagi Rapala Tanjung Balai Karimun

Nasional81 Dilihat

Bisnismetro.id, BALAI KARIMUN – Bakamla RI melalui Zona Bakamla Barat adakan pembinaan untuk Relawan Penjaga Laut Nusantara (Rapala). Pembinaan tersebut dilaksanakan di salah satu hotel di Balai Karimun, Senin (29/5/2023).

Pembekalan diberikan oleh Kepala Kantor Zona Bakamla Barat Laksma Bakamla Syufenri, S.Sos., M.Si., dan dihadiri sebanyak 30 anggota Rapala Zona Barat. Tak hanya itu, kehadiran Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, S.Ag., M.Si serta instansi terkait lainnya turut meramaikan pembinaan tersebut.

“Pembinaan yang dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan pengawasan bagi anggota Rapala di laut. Melalui pembinaan ini diharapkan bertambahnya pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan anggota Rapala,” ujar Laksma Bakamla Syufenri.

“Mereka dibekali kemampuan bekerja di laut dan dibekali bagaimana menginformasikan kejadian-kejadian di laut. Anggota Rapala bukan hanya milik Bakamla, tapi semua instansi maritim dan pemerintah daerah bisa menggunakannya,” ujarnya lagi.

Atas diadakannya pembinaan tersebut, Pemerintah Kabupaten Karimun melalui Wakil Bupati turut mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Bakamla RI. Beliau juga mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting dan berharap akan bermanfaat bagi mereka masyarakat yang sehari-hari berada disektor laut.

Rapala merupakan kelompok masyarakat yang dibentuk oleh Bakamla RI untuk bertugas menjaga keamanan, keselamatan dan perlindungan laut pada 3 Maret 2021 lalu. Dalam hal ini, Anggota Rapala yang ikut serta dalam pembinaan tersebut memiliki profesi sebagai nelayan di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri. (Humas Bakamla RI)***