Akademi Angkatan Laut Candradimuka Calon Pemimpin TNI AL

Nasional221 Dilihat

Bisnismetro.id, SURABAYA – “Sebagai kawah candradimuka kesatria muda, Akademi Angkatan Laut (AAL) merupakan lembaga pendidikan pertama yang bertanggung jawab dalam menyiapkan generasi baru calon pemimpin TNI AL, TNI, dan pemmpin negara yang memiliki karakter profesional, visioner, inovatif dan berintegritas”.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali saat Penutupan Pendidikan (Tupdik) dan Wisuda Sarjana Taruna AAL Angkatan ke-68 tahun 2023 bertempat di Gedung Maspardi, AAL, Bumimoro, Surabaya, Rabu (12/07).

Pada tahun ini, AAL berhasil meluluskan 94 calon perwira TNI AL yang terdiri dari 84 orang Taruna pria dan 10 orang Taruni wanita, dengan rincian 32 orang Korps Pelaut, 12 orang Korps Teknik, 13 orang Korps Elektronika, 15 orang Korps Suplai, dan 22 orang Korps Marinir.

Dengan berakhirnya Pendidikan di AAL, para Taruna calon perwira TNI AL tersebut akan menyandang gelar D4 (Setara S1) yaitu Sarjana Terapan Pertahanan (S.Tr(Han)). Dijadwalkan dalam waktu dekat para Taruna ini akan melaksanakan Upacara Wisuda Prasetya Perwira yang dipimpin oleh Presiden RI, sekaligus menandai babak baru pengabdiannya sebagai perwira muda TNI AL.

Dalam acara Tupdik dan wisuda ini ditandai dengan pengalungan Samir (kalung wisuda) kepada para wisudawan oleh Kasal, penyerahan ijazah tanda lulus oleh Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Endi Supandi dan ucapan selamat kepada seluruh wisudawan dari Danjen Akademi TNI Letjen TNI Teguh Arief.

Sebagai lulusan terbaik AAL Angkatan ke-68 serta berhak mendapat penganugerahan Bintang Adhi Makayasa diraih oleh Sermatutar (P) Hermawan Burhanudin Tri Putro, S.Tr (Han). Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan lulusan terbaik dari masing-masing Korps antara lain Sermatutar (P) Hermawan Burhanudin Tri Putro, S.Tr (Han) dari Korps Pelaut, Sermatutar (T) Yusril Iqbal Dwiyansah, S.Tr (Han) dari Korps Teknik, Sermatutar (E) Bima Tirta Ade Wijaya, S.Tr (Han) dari Korps Elektronika, Sermatutar (S) Aldo Triana Putra, S.Tr (han) dari Korps Suplai, dan Sermatutar (M) Gilang Dirgantara Putra, S.Tr (Han) dari Korps Marinir.

“Perwira muda seperti kalian harus mampu beradaptasi dengan lingkungan baru, harus terus berlatih dan belajar untuk meningkatkan kemampuan, serta menerapkan semua bekal dan pengetahuan yang diterima di lembaga pendidikan ini secara tepat dan bijak”, pesan Kasal dihadapan para calon Perwira Muda TNI AL. (***)