Bakamla RI Gelar Bimtek Hukum Internasional

Nasional109 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA -Direktorat Hukum Bakamla RI kembali menyelenggarakan kegiatan tahunan tematik pembekalan personel terkait Penegakan Hukum. Pelatihan yang dikemas dalam bentuk Bimbingan Teknis (Bimtek) ini, di tahun ini mengusung tema “Bimtek Hukum Internasional tentang Penegakan Hukum di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE)”. Berlangsung di Kantor Bakamla Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat 5/5/2023).

Diselenggarakan secara luring dan daring untuk peserta di luar Jakarta, pelatihan difokuskan kepada personel Bakamla RI yang terkait di bidang penegakan hukum, seperti perwakilan personel dari Direktorat Hukum, Direktorat Operasi Laut dan Udara Maritim, Direktorat Latihan, Unit Penindakan Hukum (UPH), dan juga personel yang berdinas di Zona, Stasiun, dan unsur Kapal Patroli Bakamla RI.

Pelatihan diisi dengan sesi pembekalan di kelas, dan juga terdapat sesi table top exercise (TTX). Tidak hanya itu, studi kasus tindak pidana di ZEE juga mendapat perhatian tersendiri dari para peserta.

Kegiatan yang dibuka oleh Direktur Hukum Bakamla RI Laksma Bakamla Farid Maruf, S.H., M.H., kemarin (4/5), juga turut membekali personel dengan Pengantar Hukum Internasional, Tindak Pidana Perikanan di ZEE, Tindak Pidana Narkotika di ZEE, dan Tindak Pidana Pencemaran Laut di ZEE.

Tidak tanggung-tanggung, pelatihan ini turut mendatangkan narasumber ahli di bidangnya, seperti narasumber dari Center for Sustainable Ocean Policy (CSOP) Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, TNI AL, dan Badan Narkotika Nasional. (Humas Bakamla RI)(***)