Bakamla RI Jajaki Kerja Sama dengan ESIWA EU

Nasional159 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKAE HI —- Sestama Bakamla RI Laksda TNI T. E. Witjaksono, S.E., M.Tr. (Han) menerima kunjungan delelgasi The Enhancing Security Cooperation in and with Asia – European Union (ESIWA EU). Kunjungan ini dimaksudkan untuk membahas penjajakan kedua instansi, khususnya di ranah kesadaran domain maritim (maritime domain awareness).

Pertemuan ini mendatangkan RADM (Ret.) French Navy Yves Postec selaku ESIWA EU Coordinator, dan Col. Sylvain Louvet selaku Military Advisor European Union. Pertemuan berlangsung di Aula Bakamla RI, Rabu (5/7/2023).

ESIWA EU adalah platform dialog keamanan yang didirikan di bawah EU pada tahun 2020. EU memiliki kepentingan mendasar untuk bekerja sama dengan mitra di seluruh dunia, khususnya di dan dengan Asia, untuk mengatasi tantangan keamanan bersama baik di kawasan maupun di wilayah lainnya.

Kaitannya dengan Bakamla RI, ESIWA EU bermaksud untuk melakukan kerja sama di bidang aktifasi maritime domain awareness dan juga peningkatan kapasitas personel. Pembahasan program kerja sama secara mendetail akan dilakukan secara berkala, dan terus mengacu kepada kebutuhan aktual di bidang keamanan dan keselamatan maritim.

Kesempatan ini merupakan pertemuan yang ke-dua kalinya, setelah sebelumnya delegasi ESIWA EU telah melakukan pertemuan dengan Deputi Informasi, Hukum, dan Kerja Sama Bakamla RI Laksda Bakamla Dr. Samuel H. Kowaas, M.Sc., CSBA. (Humas Bakamla RI)***