Bakamla RI Zona Tengah Buka Latihan Rapala Bali

Daerah165 Dilihat

Bisnismetro.id, BALI – Kepala Zona Bakamla Tengah Laksma Bakamla Octavianus Budi Susanto, S.H., M.Si., M.Tr.Opsla resmi membuka kegiatan Pembinaan mengenai pengetahuan dan keterampilan untuk para Relawan Penjaga Laut Nusantara (Rapala) di Kabupaten Karangasem, Bali, Kemarin.

Pembinaan tersebut berlangsung selama 2 hari, mulai pada tanggal 12 – 13 Juni 2023 dengan menghadirkan beberapa Narasumber dari TNI AL, Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), Balai Karantina Pertanian, Badan Narkotika Nasional Kabupaten/Kota (BNNK), Polair, Polres, Basarnas Karangasem, serta Zona Bakamla Tengah.

Peresmian acara ini ditandai dengan pemukulan Gong di Taman Surgawi Resort, Karangasem. Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Karangasem yang diwakili oleh Sekda Kabupaten Karangasem I Ketut Sedana Merta S.T. M.T dan Ketua DPRD Karangasem I Wayan Suastika, S.T.

Dalam pembukaan, Kepala Zona Bakamla Tengah memberikan perhatian khusus bagi anggota Rapala Karangasem agar dapat menyerap pengetahuan yang diberikan oleh narasumber dengan baik dan dapat membantu melaksanakan tugas Bakamla RI dalam menjaga keamanan, keselamatan, dan perlindungan lingkungan laut. Tak hanya itu, beliau juga menekankan agar tidak menyalahgunakan atribut yang sudah diberikan.

Beberapa materi yang diberikan yaitu materi bela negara, peran masyarakat dalam pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan oleh PSDKP, mitigasi resiko masuk dan menyebarnya Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) dan Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) oleh Balai Karantina Denpasar. Dilanjutkan dengan materi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran gelap Narkoba ( P4GN) oleh BNNK.

Selain itu, Teori Trend Pelanggaran Hukum di Perairan Karangasem oleh Kapolres Karangasem, Peran Zona Bakamla Tengah dalam menjaga keamanan dan keselamatan laut, Teori Pertolongan Dasar SAR (Indoor) serta Teknik dan Praktek Pertolongan Dasar SAR (Outdoor Kolam Renang) oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar juga turut diberikan.

Rapala yang ikut serta dalam pelatihan merupakan Pecalang (Pengaman) di Laut yang telah didukung oleh Pemerintah Daerah setempat serta Raja Puri Agung Singaraja dan Raja Puri Karangasem.(Humas Bakamla RI)***