Bakti TNI AL Dalam Sail Teluk Cendrawasih di Biak 

Daerah48 Dilihat

Bisnismetro.id, BIAK – Ribuan orang hadiri kegiatan Bakti Sosial yang digelar TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam rangka memeriahkan kegiatan Sail Teluk Cendrawasih yang berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 20 sampai dengan 21 November 2023, di atas KRI dr. Wahidin Sudirohusodo (WSH)-991, dermaga pelabuhan umum, Kabupaten Biak Numfor, Papua.

Bakti Sosial yang mengangkat tema “TNI Angkatan Laut Melaksanakan Kegiatan Bakti Sosial Sail Teluk Cendrawasih Tahun 2023 Untuk Membantu Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Dan Kesehatan Masyarakat” ini merupakan bentuk dukungan TNI AL dalam membantu meningkatkan pengetahuan dan menaikkan taraf kesehatan masyarakat Biak.

Kegiatan yang digelar selama pelaksanaan Bakti Sosial pada hari pertama dihadiri 464 orang antara lain penyuluhan stunting yang dihadiri 300 orang, penyuluhan dapur sehat dengan jumlah peserta 60 orang, pelayanan Keluarga Berencana berupa pemasangan Implan kepada 100 orang, Metode Operasi Wanita (MOW) 3 orang dan Metode Operasi Pria (MOP) 1 orang.

Pada hari kedua kegiatan bakti sosial dihadiri 591 orang dengan pelayanan kesehatan berupa pengobatan umum 410 orang, pengobatan gigi 65 orang, khitanan 57 orang, operasi minor 4 orang, operasi katarak 40 orang, operasi pterygium 3 orang dan operasi bibir sumbing 12 orang. Sehingga total peserta yang mengikuti bakti sosial selama dua hari sejumlah 1.055 orang.

Tidak hanya pelayanan Kesehatan, TNI AL juga memberikan paket sembako sebanyak 5.000 paket yang diberikan kepada Masyarakat Biak Numfor. Kegiatan bakti sosial ini dibuka oleh Komandan Lantamal X Jayapura, Brigjen TNI Mar Ludi Prastyono mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali.

Dalam sambutannya Komandan Lantamal X Jayapura mengatakan kegiatan bakti sosial ini bertepatan dalam rangka mendukung kegiatan Sail Teluk Cendrawasih dan Menyukseskan program pemerintah dalam menurunkan angka stunting. “Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi tugas TNI AL yaitu TNI AL memperdayakan potensi maritim dalam membantu masyarakat”, Kata Danlantamal X.

Senada dengan itu, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali dalam kesempatan berbeda mengatakan, prajurit Jalasena TNI AL harus memberikan manfaat dalam keberadaannya di tengah masyarakat. “Kehadiran TNI AL harus dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar serta dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada”, tegas Laksamana TNI Muhammad Ali. (***)