Cegah PMK, Babinsa Turut Gencarkan Pengecekan Hewan

TNI Polri149 Dilihat

Teluk Kuantan,Selasa ( 1/11/22 ) Anggota Koramil 02/KT Pragaan Serda Widodo melaksanakan pengecekan hewa ternak sapi, di Desa geringging baru kec sentajo raya kab kuansing l.

Babinsa Serda Widodo mengungkapkan, setelah dirinya melakukan pengecekan menemukan hewan ternak milik warga ada yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), saat itu juga ia langsung menghubungi petugas kesehatan hewan untuk segera ditangani.

“Saat melakukan pengecekan kami juga mengimbau warga untuk segera melapor apabila ada hewan ternaknya yang mengalami tanda-tanda penyakit PMK,” ujarnya.

Dikatakan, dengan segera melaporkan sedini mungkin kepada petugas ketika ditemukan gejala PMK, agar dilakukan penanganan sehingga tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar.

Menurutnya, selain melaksanakan tugas pokok sehari-hari, seluruh Babinsa ditugaskan untuk membantu melakukan pencegahan penyebaran PMK. Yakni dengan memantau dan menanganani bersama petugas dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Kuansing serta instansi terkait lainnya, sebagai upaya pemerintah dalam memutus penyebaran PMK ini.

“Selain imbauan dan penyemprotan juga dilaksanakan vaksinasi, seperti yang sudah dilakukan di beberapa daerah, guna mempercepat penanganan PMK,” tambahnya.