Danlantanal IX Hadiri Pelantikan Dpack Granat Maluku di Pulau Haruku dan Ajak Putra Putri Menjadi Prajurit TNI AL

Daerah475 Dilihat

Bisnismetro.id, MALUKU – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina M.M., M.T., M.Tr. Opsla gencarkan Gerakan Anti Narkoba pada generasi muda dan masyarakat Desa Rohomoni, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (04/07/2023).

Berdasarkan laporan Badan Narkotika Nasional (BNN) terjadi peningkatan kasus penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan (narkoba) sebesar 11,1% dibandingkan tahun sebelumnya. Tidak menutup kemungkinan kasus penyalahgunaan ini terjadi pada generasi muda yang ada di daerah.

Menanggapi hal tersebut DPD GRANAT (Gerakan Nasional Anti Narkoba) Provinsi Maluku menggelar pelantikan DPACK (Dewan Pimpinan Anak Cabang Khusus) Granat Se-Pulau Haruku dan Pulau Ambon bertempat di SMA Negeri 43 Maluku Tengah, Desa Rohomoni.

Dalam sambutannya Ketua DPD Granat Maluku Yani M.H Salampessy, S.T. menyebutkan bahwa DPACK Granat merupakan struktur terbawah dalam organisasi yang memiliki misi membangun dan membina generasi muda untuk melakukan kegiatan positif guna menjauhkan masyarakat dan generasi muda dari kasus penyalahgunaan narkoba.

Yani M.H Salampessy menuturkan untuk para DPACK yang baru dilantik mempunyai tanggung jawab memberikan kesadaran dan pemahaman kepada generasi muda di sekolah maupun wilayah tempat tinggalnya tentang bahaya narkoba. “Ini adalah tugas mulia, wujud pengabdian untuk menyelamatkan generasi muda,” ucapnya.

Ketua DPD Granat Maluku Yani M.H Salampessy, S.T. juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolda Maluku dan Danlantamal IX Ambon termasuk semua pihak yang telah memberikan dukungan sehingga acara temu kader dan pelantikan DPACK yang dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 3 dan 4 Juli 2023 di Desa Rohomoni Kec. Pulau Haruku, Kab. Maluku Tengah dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

Dalam kesempatan yang sama Danlantamal IX Brigjen Said Latuconsina mengapresiasi kegiatan positif yang selama ini telah dilaksanakan oleh DPD Granat Maluku untuk mencegah terjadinya kasus penyalahgunaan narkoba terutama dikalangan pemuda dan remaja.

Selaku Dewan Penasehat DPD Granat Maluku Brigjen Said Latuconsina berharap program positif Granat Maluku dalam membentengi generasi muda Maluku dari penyalahgunaan narkoba mendapat dukungan dari semua pihak baik pemerintah daerah ditingkat provinsi hingga Desa, TNI Polri, lembaga pendidikan, ormas, organisasi kepemudaan, pihak swasta, termasuk tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat.

Lanjut disampaikan Brigjen Said Latuconsina bahwa generasi muda harus disiapkan sejak dini karena mereka adalah penerus tongkat estafet kepemimpinan bangsa, konsisi kepemimpinan nasional suatu negara sekian tahun kedepan dapat dilihat dari kondisi generasi mudanya saat ini. “Jika banyak yang terpapar narkoba maupun berperilaku negatif dapat dibayangkan nantinya kepemimpinan bangsa itu akan seperti apa,” ujarnya.

“Ini menjadi tanggung jawab kita semua menyiapkan generasi muda yang berkualitas baik dari segi keimanan, pendidikan, kesehatan, maupun interaksi sosial di masyarakat,” harap Brigjen Said Latuconsina.

Selain menghadiri acara pelantikan DPACK Granat Maluku, Danlantamal IX juga memerintahkan tim dipimpin Aspers Danlantamal IX Kolonel Laut (S) Samsuarki melaksanakan sosialisasi penerimaan prajurit TNI Angkatan Laut dan mengajak putra putri terbaik Provinsi Maluku untuk dapat bergabung dan mengabdikan diri kepada bangsa dan negara melalui TNI Angkatan Laut.

Selama kurun waktu 2 tahun terakhir animo pendaftar dalam perekrutan prajurit TNI AL mengalami peningkatan yang sangat signifikan, salah satu penyebabnya adalah gencarnya Lantamal IX melakukan sosialisasi baik melalui penjelasan langsung dengan mendatangi sekolah-sekolah, dan lingkungan masyarakat maupun melalui pemberitaan dan penyebaran brosur secara online.

Brigjen Said Latuconsina sangat senang dan bangga karena diera menjabat sebagai Komandan Lantamal IX sudah ratusan putra-puri Maluku masuk menjadi prajurit TNI AL baik Perwira, Bintara maupun Tamtama, mudah-mudahan kedepan akan semakin banyak lagi putra-putri Maluku yang mendaftar dan diterima untuk mengabdi sebagai prajurit Jelasena pengawak Alutsista TNI AL. (Dispen Lantamal IX/Ambon)***