Dialog dengan Awak Pesawat, Kasau Minta Komandan Satuan, Harus Hands On

TNI Polri416 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA –  Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S E., M.P.P., CSFA., meminta para Komandan satuan, harus _hands on_ dengan selalu mengecek anggota di lapangan.

“Komandan Skadron harus mengetahui dan menyelami kondisi seluruh anggota yang menjadi tanggung jawabnya, karena bagaimanapun juga meningkatkan profesionalisme awak pesawat, menjadi tugas kita bersama” pinta Kasau.

Kasau menyampaikan hal tersebut dalam dialog dan sambung rasa dengan awak pesawat TNI AU, di Puri Ardhya Garini, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (12/9/2022).

Sambung rasa dilaksanakan sebagai ajang silaturahmi awak pesawat dengan pejabat TNI AU. Kasau mengapresiasi dan berterima kasih atas pengabdian para awak pesawat TNI AU selama ini.

Sambung rasa yang juga dihadiri Sekjen Kemhan Marsdya TNI Doni Ermawan, Pangkoopsudnas Marsdya TNI Andyawan Martono Putro, Pangkogabwilhan II Marsdya TNI Imran Baiduris, Dansesko TNI Marsdya TNI Dyah Yudanardi, Dankodiklatau Marsdya TNI M.Tony Harjono, Pangkoopsud I, Pangkoopsud II, Kapuslaiklambangjaau, para Asisten Kasau, dan beberapa pejabat TNI AU lainya, merupakan salah satu upaya TNI AU menumbuhkan budaya safety. Kegiatan ini penting, karena mewujudkan visi TNI AU sebagai angkatan udara yang disegani di kawasan diawali dengan kualitas manusianya.

Sambung rasa mengangkat tema “Awak Pesawat TNI AU dengan Airmanship dan Budaya Safety tinggi, Siap Melaksanakan Tugas Operasi Udara dalam rangka mewujudkan TNI AU yang Disegani di Kawasan”, diikuti 296 peserta secara tatap muka, dan 600 peserta secara daring dari satuan masing-masing.

Kegiatan sambung rasa, juga diisi dengan paparan, yaitu tentang Safety dari Kapuslaiklambangjaau, tentang Psikologi dari Kadispsiau, tentang latihan Pitch Black dan LFE dari Danwing 3 Lanud Iswahjudi, serta paparan perwakilan Penerbang yang disampaikan Danskadud 3, 6, dan 27. Para peserta juga memberikan saran dan masukan serta pertanyaan kepada Kasau.

Kepada peserta sambung rasa, Kasau menyampaikan beberapa penekanan, yaitu agar menjadikan pengalaman sebagai guru terbaik, dan menjadikan sambung rasa sebagai media diskusi, mengevaluasi, berbagi dan menyatukan visi para komandan dan anggotanya.(***)