Intip Satgas KJK 2023 Rayakan Idul Fitri 1444 H di Sri Lanka 

TNI Polri211 Dilihat

Bisnismetro.id, SRILANKA – Ada pemandangan yang berbeda dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri dengan tahun sebelumnya. Tahun ini para prajurit KRI Bima Suci merayakan hari kemenangannya di atas geladak utama kapal layar tiang tinggi milik TNI Angkatan Laut (TNI AL) yang sedang singgah di Port of Colombo, Sri Lanka, Sabtu (22/04) dalam rangka misi muhibah diplomasi dan duta bangsa Kartika Jala Krida (KJK) 2023.

Meskipun jadwal kegiatan prajurit KRI Bima Suci yang sedang melaksanakan misi duta bangsa sangat padat, para prajurit tetap merayakan hari kemenangan pada momen Idul Fitri meskipun tidak bersama keluarga.

Sholat Idul Fitri berlangsung dengan khidmat dan para prajurit KRI Bima Suci berkesempatan untuk melaksanakan halal bihalal bersama prajurit lainnya serta menikmati hidangan khas lebaran layaknya di tanah air. Adapun hidangan yang disajikan untuk mengobati rasa rindu hari kemenangan tahun ini seperti ketupat, opor ayam, sambal goreng dan kikil.

Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut (P) M. Sati Lubis menyampaikan bahwa kehebatan suatu kesatuan dalam melaksanakan misi diplomasi duta bangsa tanpa diimbangi ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa maka tidak akan diperoleh kemenangan yang sejati. “Perayaan ini selain merupakan pelaksanaan kewajiban sebagai seorang muslim, juga bertujuan untuk mengobati perasaan rindu pada Tanah Air,” ujar Komandan KRI Bima Suci.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menegaskan bahwa hal utama yang harus dilaksanakan prajurit TNI AL adalah memperkuat keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan pengabdian yang penuh dengan ketulusan serta keikhlasan hati dalam menjaga kedaulatan dan melaksakan misi muhibah duta bangsa yang diembannya. (***)