Kas Koopsud I Pimpin Upacara Pembukaan Serbuan Teritorial TNI di Provinsi Lampung.

TNI Polri194 Dilihat

Bisnismetro.id, LAMPUNG – Kepala Staf Koopsud I Marsma TNI Jorry S. Koloay, S.I.P., M.Han., mewakili Pangkoopsud I Marsda TNI Ir. Tedi RIzalihadi S., M.M., secara resmi membuka serbuan teritorial TNI di Provinsi Lampung, yang digelar di Lapangan Tiyuh Margodadi, Tumijajar, Kabupaten Tulang Bawang. Lanud Pangeran M. Bun Yamin bertindak sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan serbuan teritorial TNI di Provinsi Lampung. (Senin, 6-6-2022).

Dalam kegiatan serbuan teritorial TNI tersebut dilaksanakan dari tanggal 6 Juni – 5 Juli 2022, di dua tempat yang berbeda yaitu di Kabupaten Tulang Bawang dan Kabupaten Tulang Bawang Barat. Serbuan teritorial TNI yang terdiri dari ketiga matra TNI membaur bersama dengan masyarakat sekitar untuk bersama-sama membangun wilayah Kabupaten Tulang Bawang dan Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Aspotdirga Koopsud I, Bupati Tulang Bawang, Bupati Tulang Bawang Barat, dan jajaran Forkopimda Kabupaten Tulang Bawang dan Forkopimda Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Dalam sambutan Pangkoopsud I yang dibacakan oleh Kas Koopsud I, menjelaskan bahwa, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian TNI terhadap masyarakat. Dimana insan teritorial TNI dari tiga matra yang disebar sampai wilayah terpencil, untuk dapat mengetahui secara langsung dan pasti dinamika kehidupan masyarakat sekitarnya. Karena TNI selalu hadir dan dekat dengan masyarakat.

Sasaran kegiatan serbuan teritorial TNI TA. 2022 di Provinsi Lampung adalah berupa kegiatan fisik dengan merenovasi sarana dan prasarana yang sudah tidak laik digunakan. Kemudian kegiatan non fisik, yaitu penyuluhan kesehatan, donor darah, bhakti sosial berupa pembagian paket sembako. Selanjutnya pelaksanaan kegiatan komsos kreatif, kegiatan pertahanan wilayah, sosialisasi bela negara, serta penyuluhan ketahanan pangan.

Lebih lanjut Kas Koopsud I berpesan, tingkatkan sinergitas dan koordinasi diantara satuan dari masing-masing matra di wilayah tugasnya serta sinergitas dengan masyarakat di wilayahnya, sehingga dapat membantu pemerintah daerah dan masyarakat dalam menangani segala macam kesulitan.

“Karena yang berada di hadapan saya ini adalah suatu bentuk persatuan yang erat antara tentara dan rakyat, karena bersama rakyat TNI kuat. Kekuatan kita adalah dari rasa persatuan yang kokoh dan kepedulian bersama untuk saling membantu. Karena salah satu peran TNI adalah turut serta mendukung pembangunan nasional, dan sebagai salah satu bentuk usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat disekelilingnya serta menumbuhkan jiwa bela Negara,” ujar Alumni AAU ’92.

Menutup sambutannya Kas Koopsud I menegaskan bahwa TNI akan selalu membantu masyarakat yang kurang mampu untuk mewujudkan pembangunan insfrastruktur yang dibutuhkan, selanjutnya dapat meningkatkan, mensejahterakan dan memantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.(***)