Kasal : Dimanapun TNI AL Berada Harus Punya Nilai Manfaat Untuk Masyarakat Sekitar

TNI Polri146 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA – “Dimanapun TNI AL berada harus mempunyai nilai yang bermanfaat untuk masyarakat sekitar”, demikian disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali dalam penekanannya pada Rapat Pimpinan (Rapim) TNI Angkatan Laut (TNI AL) yang dilaksanakan di Auditorium Yos Sudarso Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur. Senin (13/02).

Kasal menjelaskan bahwa ancaman bencana akan terus terjadi dan bisa dipastikan terjadi, sehingga kesiapan TNI AL akan terus ditingkatkan untuk menghadapi kontinjensi tersebut. Kasal juga memberikan pedoman dalam pelaksanaan tugas bagi setiap prajurit di seluruh satuan jajaran TNI AL untuk terus memberikan dampak positif dan jaga kepercayaan rakyat kepada TNI AL. “Jaga citra positif TNI AL dan merebut kepercayaan rakyat dan negara kepada kita”, ujar Kasal lebih lanjut.

Dalam upaya bantuan kepada masyarakat saat terjadinya bencana alam, TNI AL akan terus melaksanakan amanat undang-undang dengan menggelar Operasi Militer Selain Perang (OMSP) serta bekerjasama dengan pemerintah daerah maupun pemerintah pusat serta kementerian dan lembaga terkait dalam penanggulangan bencana alam yang bisa saja terjadi kapanpun.

Menurut Kasal Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) dan kapal-kapal seperti kapal rumah sakit milik TNI AL akan selalu siap siaga untuk memberikan bantuan sosial maupun bantuan kesehatan kepada masyarakat. “Kita akan terus melaksanakan OMSP, kita bekerjasama dengan pemerintah daerah maupun pemerintah pusat terkait masalah kemungkinan terjadinya bencana, untuk itu kita selalu stand by pasukan reaksi cepat penanggulangan bencana dan kita siapkan kapal-kapal tersebut”, tegas Laksamana TNI Muhammad Ali.

Rapim TNI AL Tahun 2023 yang mengusung tema “TNI AL Siap Mewujudkan TNI Sebagai Patriot NKRI Guna Mendukung Pembangunan Nasional” ini sejalan dengan penekanan Kasal untuk terus membantu kesulitan masyarakat sekitar. Dengan tema ini Kasal berharap agar seluruh jajaran TNI AL harus bersinergi dan melaksanakan upaya kolektif guna mewujudkan prajurit Matra Laut yang patriot yaitu prajurit pembela tanah air yang berani, rela berkorban dan pantang menyerah dalam menjalankan peran dan tugasnya guna mewujudkan visi TNI AL.(***)