Kasau Dampingi Menhan RI Tinjau Pesawat Falcon 7X dan 8X TNI AU

Berita Utama, Nasional1649 Dilihat

Bisnismetro.id, JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA mendampingi Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto meninjau pesawat Interim Falcon 7X dan Falcon 8X di, Skadron Udara 17 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (28/12/2022).

Pesawat type Dassault Falcon 7X dan 8X, registrasi A-0707 dan A-0808 tiba di Lanud Halim Perdanakusuma Jskarta, pada hari Selasa 27 Desember 2022, setelah menempuh perjalanan selama delapan jam dari Dubai. Sebelumnya, kedua pesawat diterbangkan dari Perancis ke Dubai tanggal 26 Desember 2022.

Dua pesawat buatan Dassault Aviation Perancis ini, merupakan pesawat angkut VIP/VVIP TNI Angkatan Udara yang akan memperkuat Skadron Udara 17 Wing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma.

Menhan RI mengatakan, kedatangan pesawat Falcon 7X dan Falcon 8X merupakan upaya Kemenhan RI dalam memperkuat alutsista modern TNI, khususnya dalam memperkuat pertahanan udara Indonesia.

“Kita memerlukan TNI yang kuat, Angkatan Udara yang kuat, karena negara kita sangat besar, negara kita seluas Eropa, jadi kita sangat butuh pertahanan udara yang kuat,” ujar Menhan RI.

Menhan RI menjelaskan, kedua pesawat menjadi Kodal bagi pimpinan TNI, sehingga pimpinan TNI memiliki kecepatan dalam bergerak pada setiap pelaksanaan tugas.

Pesawat Falcon 7X dan 8X merupakan jenis pesawat jet yang memiliki sejumlah keunggulan, yaitu jarak tempuh yang jauh dengan _endurance_ 10,5 jam (7X) dan 12 jam (8X) dengan jangkauan maksimal 5.950 Nm dan 6.450 Nm. Pesawat ini juga mampu _landing_ pada landasan pacu yang pendek.

Kedua pesawat didukung oleh mesin type PW307A dan PW307D buatan Canada dan mampu terbang hingga ketinggian 51.000 _Feet_ dan _maximal operating_ _speed_ 370 kts/0.9 Mach

Sebelum kedatangan pesawat, TNI AU telah menyiapkan personel untuk mengawaki pesawat dan telah melaksanakan sejumlah pelatihan di Perancis. Mereka terdiri dari empat penerbang, empat teknisi dan enam _Cabin crew_ /pramugari.

Para Penerbang telah melaksanakan latihan simulator di CaE Burger hill London Inggris selama dua bulan dilanjutkan Latihan terbang sebanyak 8 _sorties_ dengan 25 jam terbang setiap penerbangnya di Fasilitas Dassault Le Bourget Paris Perancis selama 1 bulan. Pelatihan para Penerbang akan dilanjutkan di dalam negeri dengan instruktur dari Dassault.

Saat peninjauan, Menhan RI beserta Kasau menyaksikan tradisi _water salute_ sebagai ungkapan selamat datang kepada pesawat Falcon 7X/8X di Skadron Udara 17 Lanud Halim Perdanakusuma. Menhan RI juga turut meninjau Kabin pesawat dan berdialog dengan para Kru pesawat TNI AU yang nantinya mengawaki pesawat tersebut.

Turut hadir pada peninjauan tersebut Sekjen Kemhan RI Marsdya TNI Dony Ermawan, Pangkoopsudnas Marsdya TNI M.Tonny Hardjono, para pejabat Utama TNI AU dan pejabat utama Kemenhan RI lainnya.(***)