Kasau Dapat Gelar Adat _Honi An Tao_ dari Kerajaan Bana Naunemo

TNI Polri164 Dilihat

Bisnismetro.id, KUPANG – Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA., mendapat gelar adat _Honi An Tao_ dari kerajaan Bana Nainemo, Timor Tengah Utara.

Gelar _Honi An Tao_ yang berarti anak dari tiga swapraja Suku Timor Tengah Utara, diserahkan oleh raja Bana Naineno Frederikus Bana, S.H., dalam acara malam penganugerahan gelar adat, di aula kantor Gubernur NTT, Kupang, Minggu (19/3/2023).

Penganugerahan adat ditandai pemakaian _pilu_ (mahkota raja) dan pedang & tongkat kepada Kasau serta penyerahan sirih kepada Ketum PIA Ardhya Garini Ny. Inong Fadjar Prasetyo. Pemberian gelar adat turut disaksikan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laikodat, S.H., M.Si dan jajaran Forkompimda NTT serta Kepala BKKBN Dr. (G.C) dr. Hasto Wardoyo Sp.OG.

Raja _Bana Naineno_ Frederikus Bana S.H., saat menganugerahkan gelar adat kepada Kasau mengatakan, warga Timor Tengah Utara, merasa bangga mendapat kunjungan Kasau. Sebagai bentuk rasa bangga tersebut, menganugerahkan gelar adat _Honi An Tao_, sekaligus mengangkat Kasau sebagai keluarga besar kerajaan _Bana Naineno_, Timor Tengah Utara.

“Daerah kami masih tertinggal di SDM, untuk itu kiranya Marsekal dapat memberikan kami petunjuk, agar kami tidak tertinggal dengan daerah lain,” ujarnya.

Kasau menyatakan apresiasi dan ungkapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada kerajaan _Bana Nainemo_ atas penganugerahan gelar adat.

“Kami merasa terhornat dan berkomitmen akan mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya untuk kemajuan kita bersama, terutama dalam memajukan dan mensejahterakan rakyat provinsi NTT,” ungkap Kasau.(***)